Connect With Us

Hari Ketiga Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Masuk Proses Pendinginan

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 22 Oktober 2023 | 01:49

Petugas BPBD melakukan pendinginan gunung sampah yang terbakar di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang, Minggu 22 Oktober 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Penanganan kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang telah memasuki hari ketiga, Minggu 22 Oktober 2023.

Kondisi di lapangan, pada waktu pagi hari area yang terbakar terpantau dalam kondisi terkendali, menyisakan titik-titik hembusan asap. 

Ratusan petugas yang dikerahkan saat ini dibagi kebeberapa titik, untuk dilakukan pengerukan gunungan sampah dengan alat berat DPUPR Kota Tangerang.

Tindakan ini diiringi dengan penyemprotan air oleh BPBD Kota Tangerang beserta jajaran personel gabungan lainnya. 

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan seluruh personel hingga saat ini masih berupaya melakukan percepatan pemadaman yang lebih maksimal, hingga kedalam gunungan sampah. 

Minggu pagi ini api memang sudah tak terlihat di permukaan gunungan sampah TPA. Tapi, titik asap yang keluar masih cukup banyak, maka terindikasi potensi api masih ada di dalam tumpukan sampah.

"Inilah yang gencar kita taklukkan, semoga cuaca hari ini bisa mendukung," ungkap Maryono.

Ia pun menjelaskan, penguatan pasukan saat ini masih 534 personel yang dikerahkan secara berkala. Di antaranya, BPBD, DPUPR, DLH, Bidang Pertamanan, Satpol PP, Dinkes Dishub hingga Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang.

Ditambah perbantuan Pemadam DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangsel dan Provinsi Banten.

 

"Secara kendala pastinya ialah luasan area, medan atau pijakan yang mudah amblas, dan asap yang mengepul. Tapi seluruh petugas akan lakukan yang terbaik, insyaallah untuk hari ketiga ini, kita semua optimis akan ada progres penanganan yang signifikan," jelasnya.

Sebagai informasi, ratusan warga sekitar TPA Rawa Kucing telah dievakuasi sejak Sabtu 21 Oktober 2023 siang. Posko pengungsian disebar di GOR Neglasari, Aula Kecamatan Neglasari dan Kantor Dinsos Kota Tangerang. 

Sederet bantuan pun terpantau terus berdatangan, mulai dari makanan berat, snack atau camilan hingga kebutuhan warga selama di pengungsian. Mulai dari jajaran OPD, masyarakat umum hingga relawan dan banyak pihak lainnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

KOTA TANGERANG
Ramaikan HUT ke-31 Kota Tangerang, Periuk Expo Pamerkan Berbagai Produk Unggulan UMKM

Ramaikan HUT ke-31 Kota Tangerang, Periuk Expo Pamerkan Berbagai Produk Unggulan UMKM

Senin, 26 Februari 2024 | 15:16

Kecamatan Periuk, Kota Tangerang memamerkan berbagai produk unggulan UMKM di Periuk Expo 2024, yang digelar selama 26-29 Februari di halaman kantor kecamatan setempat, Senin 26 Februari 2024.

KAB. TANGERANG
Tetap Beroperasi Meski Izin Praktik Sudah Dicabut, Apotek di Pasar Kemis Tangerang Disegel Dinkes

Tetap Beroperasi Meski Izin Praktik Sudah Dicabut, Apotek di Pasar Kemis Tangerang Disegel Dinkes

Senin, 26 Februari 2024 | 17:04

Sebuah apotek di Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, nekat membuka praktik meski sudah tidak memiliki izin.

BANTEN
 Atasi Kemiskinan Esktrem, Pemprov Banten Targetkan Pendapatan Warga Meningkat Jadi Rp28 Ribu Per Hari

Atasi Kemiskinan Esktrem, Pemprov Banten Targetkan Pendapatan Warga Meningkat Jadi Rp28 Ribu Per Hari

Senin, 26 Februari 2024 | 16:49

Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah berupaya menangani kemiskinan ekstrem di tahun 2024 yang menjadi bagian dari program tematik pembangunan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill