Connect With Us

Dokter Tangerang Beri Tips Atasi 10 Masalah Kesehatan selama Liburan Panjang

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 2 Januari 2024 | 17:50

Ilustrasi liburan. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Sebagian besar masyarakat baru saja merayakan liburan panjang Natal 2023 dan Tahun baru 2024. Liburan panjang seringkali diisi dengan kegembiraan, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan umum.  

Untuk itu, dokter spesialis dari RS Sari Asih Sangiang Kota Tangerang dr Siti Nur R Firda Fauziyah, memberikan tips serta saran pencegahan dan penanganan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang mungkin muncul selama liburan.

1. Masalah Pencernaan

Untuk menghindari masalah pencernaan, disarankan untuk tetap menjaga pola makan teratur dan menghindari konsumsi makanan berlebihan. Penting juga untuk menjaga kebersihan tangan dan alat makan yang digunakan. 

Pilihlah makanan yang seimbang, hindari makanan pedas atau berlemak, terutama jika memiliki riwayat gangguan pencernaan. Selalu bawa obat antasida dan obat diare sebagai langkah darurat.

2. Dehidrasi

Agar terhindar dari dehidrasi, disarankan untuk minum banyak air, terutama di cuaca panas atau saat beraktivitas fisik. Jangan lupa untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein yang berlebihan, karena keduanya dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

3. Sunburn (Terbakar Matahari)

Menghadapi risiko sunburn, gunakan tabir surya dengan SPF tinggi dan aplikasikan ulang secara teratur, terutama jika berada di bawah sinar matahari terik. Kenakan pakaian pelindung seperti topi, kacamata hitam, atau payung untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari pada jam-jam paling terik.

4. Kelelahan dan Jet Lag

Untuk mengatasi kelelahan dan jet lag, sesuaikan jadwal tidur beberapa hari sebelum perjalanan. Penting juga untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan mencoba tidur di pesawat jika memungkinkan. 

Setelah tiba di destinasi, lakukan aktivitas fisik ringan untuk membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan waktu.

5. Cedera Fisik

Agar terhindar dari cedera fisik, selalu gunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Lakukan pemanasan dan pendinginan yang memadai saat berolahraga, dan ingatlah untuk tidak memaksakan diri. Mendengarkan sinyal tubuh adalah kunci untuk mencegah cedera.

6. Alergi dan Reaksi Alergi

Untuk mengatasi alergi, pastikan untuk membawa obat antihistamin jika memiliki riwayat alergi. Hindari pemicu alergi yang diketahui, dan pertimbangkan untuk menggunakan masker di lingkungan yang berdebu atau berpotensi alergen.

7. Masalah Kulit

Agar kulit tetap sehat, gunakan losion atau krim anti-inflamasi untuk mengatasi gigitan serangga. Setelah berenang di kolam renang atau laut, penting untuk segera membilas tubuh untuk menghindari masalah kulit. Pertimbangkan penggunaan krim antijamur untuk mencegah infeksi, seperti kaki atlet.

8. Stres dan Kecemasan

Untuk mengelola stres dan kecemasan, rencanakan perjalanan dengan baik agar tidak ada kekhawatiran yang berlebihan. Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau napas dalam, dan berikan diri waktu untuk istirahat dan relaksasi selama liburan.

9. Infeksi Saluran Pernapasan

Untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, pertahankan kebersihan tangan yang baik. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit, dan jika diperlukan, gunakan masker di tempat umum untuk melindungi diri dari penularan penyakit.

10. Masalah Tidur

Agar tidur tetap nyaman, bawa barang-barang seperti bantal atau selimut kecil. Hindari konsumsi kafein dan penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur. Cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten, sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Kendati demikian, dr Siti menekankan agar masyarakat segera berkonsultasi dengan tenaga profesional kesehatan apabila mengalami gejala parah atau berkepanjangan.

"Selalu lebih baik untuk mencegah daripada mengobati, jadi berhati-hatilah dan buatlah rencana kesehatan sebagai bagian dari persiapan liburan," katanya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill