Connect With Us

Belajar dari Pria Obesitas di Ciledug, Begini Tips Diet dari Dokter Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 8 Juni 2023 | 15:07

Proses evakuasi pria obesitas di Ciledug, Kota Tangerang menuju RSUD Kota Tangerang menggunakan mobil pikap (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video evakuasi dari seorang pria obesitas di kawasan Perumahan Griya Kencana 2, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Tampak dalam video yang beredar, pria obesitas tersebut sampai kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas dengan nafas yang tidak beraturan.

Belajar dari hal itu, tentunya penting untuk menjaga pola asupan dan nutrisi dalam tubuh agar tidak menimbulkan lemak yang berlebih. Untuk itu, ahli gizi masyarakat asal Tangerang dokter Tan Shot Yen menuturkan, bagi yang ingin melakukan diet dan menjaga pola makan sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya.

"Yang paling penting banyak orang merasa badannya berlebih dan gemuk lalu dia bukannya cari tahu sama ahlinya, tapi dia cari tahu di medsos. Aduh, Ini benar-benar bikin saya mengelus dada," ujarnya dikutip dari kanal YouTube Tribunnews pada Kamis, 8 Juni 2023.

Dokter Tan Shot Yen mengimbau agar masyarakat waspada dan tak langsung percaya terhadap modus-modus pelatihan diet dengan cenderung mengajarkan cara yang tidak benar.

"Berapa banyak orang mengatakan dia adalah seorang coach, Nah itu seorang pelatih mengajarkan diet-diet tertentu dari yang dietnya masih cukup sopan sampai dengan diet yang enggak masuk akal. Misalnya, ada yang akhirnya jujur nih berjualan minuman-minuman ajaib dan larutan detoks," katanya.

Menurutnya, minuman-minuman ajaib dan larutan detoks lewat makanan tidak pernah ada baik dalam ilmu kesehatan maupun ilmu kedokteran.

"Kemudian ada lagi yang jualan program. Nah, programnya semakin enggak masuk akal karena makanannya rebusan semua, seperti tempe rebus, ayam rebus, nanti ujung-ujungnya orang ini begitu udah enggak kuat dia pergi makan kwetiau siram," ucapnya.

Ia menjelaskan, merubah gaya hidup tidak sehat seseorang tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka dianjurkan untuk bertemu dengan yang memang ahli di bidangnya.

"Yuk bicara dengan ahlinya, banyak sekali dokter spesialis gizi klinik, nutrisionis, dietisien yang bersertifikat, mereka adalah orang-orang yang memang layak untuk Anda temui dan Anda mintai bantuan karena mereka mengerti dan cukup hati-hati dengan masalah kesehatan anda," paparnya.

Lebih lanjut, kata Tan Shot Yen, setiap orang memiliki kebutuhan dan pola makan untuk diet yang berbeda-beda sehingga tidak dapat digeneralisir dengan hanya pada satu cara.

"Makanan diet Anda adalah makanan yang membuat Anda selalu ingin makan. Tapi, Seandainya Anda memaksa dan menahan-nahan dengan terpaksa, begitu target berat badan tercapai maka akan kembali mengonsumsi makanan sebelum diet. Jadi berat badannya seperti itu (tidak ada perubahan)," pungkasnya.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Langganan Runner-up, Kota Tangerang Targetkan Juara di POPDA XI Banten

Langganan Runner-up, Kota Tangerang Targetkan Juara di POPDA XI Banten

Kamis, 2 Mei 2024 | 16:08

Kota Tangerang menargetkan untuk meraih juara umum dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang diselenggarakan pada 8 Juni 2024 mendatang.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill