Connect With Us

Ini Cara Makan Nasi Putih Tanpa Takut Berat Badan Naik

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 3 November 2022 | 11:49

Ilustrasi memasak nasi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Nasi merupakan komoditas pangan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk Tangerang. Tak lengkap rasanya bila suatu hidangan disajikan tanpa kehadiran nasi yang memberikan efek kenyang.

Makanan dengan karbohidrat tinggi ini berasal dari padi yang diolah menjadi beras, di Tangerang masih banyak warganya yang berprofesi menjadi petani. Bahkan, hingga Desember 2021 produksi beras di Banten mencapai surplus sekitar 30.689 ton, seperti dikutip dari banten.bisnis.com, Kamis 3 November 2022.

Namun, konsumsi nasi yang berlebih tentunya bukan pilihan yang baik. Selain kandungan gulanya, konsumsi nasi terlalu banyak juga dapat menyebabkan berat badan naik. Ini menjadikan nasi bukan sahabat yang baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Meski begitu, bukan berarti nasi adalah makanan terlarang yang harus dihindari, para ahli nutrisi berpendapat orang yang tengah berdiet tetap aman mengonsumsi nasi, asal tahu trik pintar dalam memasak dan mengonsumsinya.

Untuk itu, berikut adalah cara aman makan nasi putih tanpa khawatir berat badan naik seperti dilansir dari kompas.com, Kamis 3 November 2022:

 

Gunakan aturan 1:3 

Karbohidrat kompleks pada nasi dapat menambah lebar ukuran pinggang, untuk menghindari hal itu, gunakanlah aturan 1 banding 3.

Aturan ini yakni, porsi nasi lebih sedikit dibanding takaran sayuran, misalnya nasi satu sendok, maka lauk sayurannya dalam takaran 3 sendok. Hal itu akan membuat kenyang tanpa menambah takaran karbohidrat terlalu berlebihan. 

 

Masak dengan minyak kelapa 

Dalam 100 gr nasi putih terkandung 130 hingga 400 kalori, tergantung dari jenis beras dan cara memasaknya. Hal ini berdasarkan data penelitian dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Jika dimasak dengan cara-cara tertentu, seperti menambahkan minyak kelapa ke dalamnya, jumlah kalori dalam nasi putih bisa berkurang secara signifikan. Hal tersebut membuat nasi putih tetap aman dikonsumsi bagi yang tengah menurunkan berat badan. 

Fakta yang ditemukan oleh peneliti dari College of Chemical Science di Srilanka menyebutkan bahwa menambahkan minyak kelapa ke dalam air beras bisa mengurangi jumlah kalori nasi hingga 50 persen.

Cara memasaknya, dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam air sebelum beras dimasukkan. Masak selama 40 menit, kemudian setelah matang masukkan nasi yang sudah jadi ke dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

Agar kadar kalori turun, simpan beras di lemari pendingin selama 12 jam. Panaskan kembali nasi sebelum dikonsumsi. Jadi waktu terbaik memasak nasi adalah di malam hari, untuk dikonsumsi di pagi dan siang di hari berikutnya.

 

Kontrol porsi nasi

Kontrol porsi nasi penting untuk dapat menaat aturan 1:3 pada poin sebelumnya. Gunakan mangkuk yang lebih kecil agar konsumsi nasi lebih terkontrol. Dengan cara itu, porsi nasi menjadi tak berlebihan.

Demikian cara makan dan masak nasi yang aman agar berat badan tetap stabil tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill