Connect With Us

Usai ke Jerman, Arief Janji akan Terapkan Pengelolaan Sampah

| Kamis, 31 Mei 2012 | 18:10

Arief Rachadiono Wismansyah (tangerangnews / tangerangnews/dira)


TANGERANG-Seusai Wakil Wali Kota Tangerang R Arief Wismansyah ke Jerman untuk mewakili Indonesia dalam kegiatan Carbon Expo, yang diselenggarakan Bank Dunia pada tanggal 30-31 Mei 2012, dia sempat mengunjungi Kota Frankfurt.

Arief bersama Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Maryoris Namaga beserta rombongan berkeliling dan menyusuri kota dengan berjalan kaki menuju Palmen Garten yang merupakan hutan kota di Jerman, serta melihat tempat pengelolaan sampah yang ada di Frankfurt.

Frankfurt disebut sebagai Green City atau Kota Hijau karena hampir 50 % wilayahnya adalah green area (area hijau). Frankfurt juga merupakan kota berkembang, berada di peringkat 11 sebagai kota di dunia yang paling banyak mendatangkan bisnis, talent atau bakat dan wisatawan (Global City Index).

Selain itu, Frankfurt juga memiliki pengelolaan sampah yang baik yaitu dengan pemilahan sampah baik dari jenis maupun bentuknya. Selain kota hijau, Frankfurt pun dikenal karena tata kotanya, Frankfurt disebut green city karena menerapkan sistem yang baik pada pengelolaan kotanya, yaitu tata kelola kota yang disusun berdasarkan blok, sehingga terlihat rapi dan tertata.

Arief mengharapkan nantinya bisa menjadi inspirasi bagi Pemkot Tangerang untuk turut menerapkan pola pengelolaan sampah serta penataan lingkungan kota. "Dan yang terpenting agar setiap program pembangunan yang ada di Kota Tangerang selalu mengacu dan berbasis pada penghijauan," katanya.

Wakil Walikota mengatakan sebenarnya mudah bagi Pemkot Tangerang untuk menerapkan dua pola tersebut, hanya saja butuh peran serta aktif masyarakat karena tidak dipungkiri perkembangan Kota Tangerang kini sudah begitu pesat menjadi Kota Metropolitan, yang menjadikan Kota Tangerang diminati para investor baik dari dalam maupun luar negeri.

“Tidak ada kata tidak bisa, jika kita ada niat dan mau berusaha untuk mewujudkan sebuah kota hijau nan sehat seperti halnya di Frankfurt, mari kita wujudkan bersama-sama, Kota Tangerang yang hijau,” pungkasnya.


Seperti diketahui, tujuan Pemkot Tangerang ke Jerman yaitu akan mewakili Indonesia dalam kegiatan Carbon Expo, yang diselenggarakan Bank Dunia di Jerman. Acara tersebut berkaitan dengan masalah penanggulangan global warming atau pemanasan global.

Bank Dunia tertarik dengan program pengelolaan sampah Pemkot Tangerang karena dinilai dapat mengurangi dampak global warming. Program tersebut pun rencananya akan dijadikan pilot project atau proyek percontohan di Indonesia.

Beberapa program penanganan sampah yang sudah dilakukan Pemkot Tangerang turut menarik perhatian Bank Dunia. Diantaranya adalah merubah profil perkampungan dalam kota menjadi kota hijau, melalui program Kampung Hijau dan Sekolah Hijau. Selain itu, penerapan sistem komposter dan bank sampah yang diterapkan diperkampungan, serta pengelolaan sampah menjadi gas metan.

“Bank Dunia sudah meninjau pengelolaan sampah di Kota Tangerang dan melihat ada kemajuannya. Sehingga mereka meminta Pemkot Tangerang untuk mempresentasikan penerapan sistem pengelolaan sampah tersebut dalam Carbon Expo. Mereka tertarik menjadikan Kota Tangerang sebagai
pilot project,” papar Wakil Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, beberapa waktu lalu.
 
Kemudian, jika Pemkot Tangerang berhasil lolos dalam presentasi tersebut, Bank Dunia berencana memberikan bantuan sebesar US$ 25 Juta untuk penanganan sampah di Kota Tangerang. "Pemkot Tangerang sangat berharap tak hanya bantuan tunai yang diberikan, akan tetapi dapat juga dalam bentuk teknologi yang dapat turut mengatasi problem sampah," pungkasnya.(RAZ)

MANCANEGARA
Waduh, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Malas Berjalan Kaki di Dunia 

Waduh, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Malas Berjalan Kaki di Dunia 

Jumat, 10 Mei 2024 | 10:34

Indonesia dinobatkan menjadi dengan negara dengan aktivitas berjalan kaki paling rendah.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

PROPERTI
Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Rabu, 8 Mei 2024 | 11:05

Duta Indah Starhub akan melakukan Topping Off sekaligus memberikan promo pada 18 Mei 2024 mendatang.

HIBURAN
Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:31

Pameran Kang Mus dalam sinetron Preman Pensiun, Epy Kusnandar ditangkap pihak Polres Metro Jakarta Barat akibat diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill