Connect With Us

Dua Pembobol ATM BCA Rp206 Juta Didakwa 6 Tahun Penjara

| Selasa, 25 September 2012 | 19:02

Terdakwa pembobol ATM ( / )

Reporter : Rangga A Zuliasnyah
 
TANGERANG-Dua spesialis pembobol ATM BCA menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Selasa (25/9), dengan agenda mendengarakan keterangan terdawa. Kedua terdakwa adalah Marco Wijaya Kusuma dan Rendy Sanjaya. Dalam dakwaannya, mereka diancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.
 
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wiyono mengatakan, kedua terdakwa mengaku telah membobol ATM milik dua nasabah BCA. Modus yang mereka lakukan adalah dengan mencuri rekening nasabah menggunakan alat skrimer yang ditempelkan pada alat pembayaran debit.  Mereka beraksi di toko baju Camomile Supermal Karawaci.
 
“Jadi mereka mencari toko yang menggunakan alat pembayaran debit. Lalu kepada penjaga toko mereka mengaku ingin mencari data ATM. Mereka pun membayar penjaga toko agar diperbolehkan. Ada tiga orang penjaga toko yakni Tugiem, Sri Ismawati dan Yuniati. Mereka juga terlibat tapi disidang dalam perkara yang berbeda,” katanya.
 
Wiyono menambahkan, aksi pembobolan ini juga melibatkan seorang Warga Negara Malaysia bernama Fran yang kini buron. Fran merupakan orak dari pembobolan rekening tersebut. “Ke dua terdakwa awalnya ditawarkan pekerjaan oleh Fran. Lalu diberikanlah alat skrimer itu dan mereka disuruh beraksi di toko. Jika aksi berhasil, skrimer itu dikembalikan lagi ke Fran untuk diolah datanya agar ATM bisa dibobol,” jelasnya.
 
Menurut Wiyono, dari tujuh rekening nasabah yang berhasil didapatkan, hanya dua rekening yang bisa dibobol. Kedua terdakwa sudah berhasil menarik uang Rp206 juta. “Tapi uang itu harus disetorkan lagi ke Fran. Dari hasil pembobolan itu, terdakwa Marco dapat bagian Rp 28 juta dan Rendy Rp 24 juta,” tukasnya.
 
Aksi mereka terkuak dari laporan para nasabah yang merasa curiga karena saldo tabungannya terus berkurang. Identitas kedua terdakwa  diketahui setelah keduanya terekam CCTV di Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, saat menyecek saldo di ATM BCA.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BANTEN
Tanggapi Komentar Miring Soal Cak Imin, PKB Banten Suruh Gus Ipul Buat Partai Sendiri

Tanggapi Komentar Miring Soal Cak Imin, PKB Banten Suruh Gus Ipul Buat Partai Sendiri

Selasa, 30 April 2024 | 00:46

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten Ahmad Fauzi menanggapi sikap Gus Syaifullah Yusuf (Ipul) yang kerap bersuara miring akan kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di partai tersebut.

KOTA TANGERANG
Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Dinkes Kota Tangerang Imbau Warga Lakukan Ini untuk Cegah Flu Singapura

Senin, 29 April 2024 | 19:18

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan dan kekuatan imunitas, untuk mencegah tertular flu singapura yang saat ini tengah marak.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill