Connect With Us

Sampah Kota Tangerang Dibuang ke Kabupaten

| Minggu, 23 Desember 2012 | 18:34

Truk Sampah (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Seiring meningkatnya penduduk Kota Tangerang, jumlah sampah yang dihasilkan akan semakin bertambah.
 
Untuk mengantisipasi overload  kapasitas sampah di TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Pemkot Tangerang telah menyapkan lahan seluas 20 hektare di  TPA di Jatiwaringin, Kabupaten Tangerang.
 
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Kota Tangerang Agus Sudrajat, Minggu (23/12).
 
Menurutnya, lahan seluas 20 hektar tersebut telah lunas dan akan digunakan jika TPA Rawa Kucing  yang luasnya 32 hektare sudah tidak mampu lagi menampung sampah.
 
“Kita harus siapkan hal ini jauh-jauh hari. Karena produksi sampah akan semakin bertambah setiap tahunnya. Lokasinya pun terbilang ideal untuk dijadikan TPA, jauh dari kawasan penduduk, dan mudah dijangkau oleh para petugas kebersihan Kota Tangerang,” katanya.
 
Agus menjelaskan, sebelumnya TPA cadangan itu akan digunakan pada tahun 2016, karena diprediksi kapasitas TPA Rawa Kucing sudah melebihi batas pada tahun tersebut. Namun karena sekarang ada program Bank Sampah, sehingga TPA Rawa kucing masih bisa menampung sampah hingga tahun 2023. "Pada tahun 2023 dipastikan sampah di Kota Tangerang sudah tidak bisa ditampung lagi oleh TPA Rawa Kucing,” paparnya.
 
Menurut Agus, produksi sampah industri, masyarakat dan perumahan di wilayah ini terus meningkat setiap tahunnya. Hingga penghujung tahun ini saja, dengan jumlah total penduduk sebanyak 2,6 juta Kota Tangerang menghasilkan sampah sebanyak 6.158 meter kubik perhari.
 
Padahal sebelumnya hanya sekitar 4.000 meter kubik perhari. "Satu-satunya harapan kami ya pengelolaan sampah yang baik, dengan adanya Bank Sampah dan kesadaran warga dalam menjaga program tersebut berjalan," tutur Agus.(RAZ)
 
 
BANTEN
Banten Jadi Provinsi Percontohan Soal Penataan Bus Pariwisata 

Banten Jadi Provinsi Percontohan Soal Penataan Bus Pariwisata 

Kamis, 16 Mei 2024 | 11:06

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan enam provinsi di Indonesia sebagai wilayah percontohan untuk pengecekan, penataan, dan evaluasi bus pariwisata.

KAB. TANGERANG
Mobil Hias dari Kabupaten Tangerang Ikut Parade di HUT ke-44 Dekarnas di Surakarta 

Mobil Hias dari Kabupaten Tangerang Ikut Parade di HUT ke-44 Dekarnas di Surakarta 

Kamis, 16 Mei 2024 | 11:42

Pemkab Tangerang ikut berpartisipasi dalam parade lomba mobil hias kriya dan budaya untuk memeriahkan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Rabu, 15 Mei 2024.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill