Connect With Us

Jokowi Ritual di IKN, Cendekiawan Muslim: Membawa ke Magis dan Mistis

Tim TangerangNews.com | Senin, 14 Maret 2022 | 10:05

Presiden Jokowi memimpin ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Senin 14 Maret 2022 pagi. (@TangerangNews / YouTube/Sekretariat Presiden)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara pada Senin 14 Maret 2022. Kalangan cendekiawan dan akademisi menilai hal tersebut tidak memiliki dasar dan cenderung bersifat mistis.

Cendekiawan muslim Azyumardi Azra mengaku tidak mengerti tujuan dari ritual yang melibatkan Jokowi itu. "Saya tak paham maksudnya, hanya saja ritual itu seolah membawa IKN ke masa magis dan mistis di masa silam," ujar Azyumardi Azra seperti dikutip dari Tempo, Senin 14 Maret 2022.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga menilai ritual ini juga tidak membawa IKN ke metaverse atau masa depan yang dibayangkan. "Yang lebih relevan dan kontekstual untuk membawa negara-bangsa Indonesia ke alam kemajuan peradaban iptek (ilmu pengetahuan)," tutur Azyumardi.

Kritikan terhadap ritual itu pun disampaikan Sosiolog Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun yang mengaku dirinya prihatin melihat praktik irasionalitas yang dilakukan pemerintah ini.  "Untuk apa itu? Bawa hal-hal yang mistis di dalam politik, di dalam urusan negara," ucap Ubedilah. 

Menurut Ketua Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) periode 2020-2022 ini, ritual semacam ini menunjukkan Jokowi masih mempercayai hal-hal irasional dalam pekerjaan modern seperti pembangunan IKN. 

Ubedilah menilai kegiatan semacam ini sebagai sebuah kemunduran dalam peradaban politik Indonesia.

Jokowi dijadwalkan melakukan ritual Kendi Nusantara, yaitu menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi Indonesia di titik nol Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara sekitar pukul 09.45 WITA hari ini, Senin 14 Maret 2022. Air dan tanah yang akan disatukan tersebut sebelumnya telah dibawa oleh para gubernur masing-masing provinsi.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi akan memasukkan air dan tanah tersebut ke dalam satu wadah gentong sebelum kemudian disiramkan ke lahan IKN.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill