Connect With Us

Kapolsek Dilaporkan Perkosa Tersangka

| Senin, 27 Desember 2010 | 11:54

Seorang Kapolsek di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dilaporkan memperkosa seorang tersangka kasus penipuan.

 Direktur Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Kaltim, Magdalina, Senin (27/12) menyatakan, kasus pemerkosaan yang dialami Ak, 45 itu berlangsung selama enam kali sejak Februari hingga April 2010.

Kasus tersebut bermula saat klien kami (Ak) dilaporkan melakukan penipuan terhadap pegawai Tenaga Tidak Tetap Daerah (T3D) Kutai Kartanegara.

 "Ketika Ak menjalani pemeriksaan pada 6 Pebruari 2010 lalu, Kepala Polsek Tenggarong AKP Sy, sempat memaki kliem kami dan meminta Ak masuk ke ruangannya setelah diperiksa," katanya.

Di dalam ruang Kepala polsek itulah, Ak dipaksa melakukan hubungan layaknya pasangan suami istri. Klien kami terpaksa melakukan perbuatan tidak senonoh itu karena diancam kasusnya akan diproses.

pencabulan kedua kembali dilakukan AKP Sy, kata Direktur LBH Apik Kaltim itu di Kantor Polsek Tenggarong.  "Saat klien kami kembali dipanggil ke Kantor Polsek untuk membawa uang ganti rugi atas kasus penipuan yang dilakukannya, AKP Sy kembali melakukan

pencabulan. Perbuatan seperti itu empat kali dilakukan di Kantor Polsek dan dua kali di rumah Ak. Namun, pada aksi pencabulan yang berlangsung di rumah Ak, tidak sampai terjadi hubungan badan," kata Magdalena.

Kasus pemerkosaan yang dialami Ak yang juga sebagai tersangka kasus penipuan pengadaan komputer jinjing senilai Rp4,5 miliar bagi guru di Kutai Kartanegara itu lanjut Direktur LBH Apik Kaltim tersebut telah dilaporkan ke Polres Kutai Kartanegara pada 18 Desember 2010.

"Ak juga saat ini menjadi tersangka dalam kasus penipuan lainnya dan berada dalam tahanan Polsek Tenggarong. Sementara, Sy yang sebelumnya menjabat Kapolsek Tenggarong saat ini dimutasi di Polsek Loa Kulu," katanya.

 "Kasus ini telah dilaporkan ke Polres dan telah ditangani Satuan Reskrim. Ak telah diperiksa dan menjalani tes kehamilan, namun kami belum tahu hasilnya. Barang bukti yang disita dalam kasus ini yakni celana Ak yang robek saat dipaksa melakukan hubungan badan oleh AKP Sy," ujar Direktur LBH Apik Kaltim itu.

LBH APIK Kaltim kata Magdalina menjamin, kasus pemerkosaan yang dilaporkan Ak tidak terkait aksi balas dendam karena kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan pengadaan komputer jinjing dengan mencatut nama Bupati Kutai Kartanegara.

"Kasus ini baru dilaporkan karena Ak mengaku sudah tidak kuasa menahan trauma akibat kasus pemerkosaan yang dialaminya itu. Awalnya, kami (LBH Apik) juga meragukan keterangan Ak, namun setelah melakukan investigasi, kami akhirnya menyakini bahwa, kasus tersebut tidak terkait dengan kasus yang dijalaninya saat ini. Jadi, kami akan terus melakukan upaya hukum sebab walaupun Ak sebagai tersangka, namun dia juga berhak mendapatkan keadilan," kata Magdalina.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Antonius Wisnu Sutirta ketima dimintai konfirmasi, mengaku baru mengetahui kasus pemerkosaan yang diduga dilakukan seorang kapolsek di Kutai Kartanegara itu.

"Saya justru baru tahu dari wartawan namun jika terbukti, kami akan tetap memproses sebab masalah ini tentunya mencoreng citra Polri," ujarnya. (Ant)

TANGSEL
Ini Identitas 3 Korban Pesawat Jatuh di BSD Tangsel

Ini Identitas 3 Korban Pesawat Jatuh di BSD Tangsel

Senin, 20 Mei 2024 | 10:45

Basarnas mengungkap identitas tiga korban tewas dalam insiden pesawat jatuh di kawasan BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. siang.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

TEKNO
OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

OPPO Hadirkan Smartphone Terbaru Tahan Guncangan Standar Militer

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:51

Kabar gembira bagi para pencinta smartphone OPPO di Indonesia! Salah satu model terbaru OPPO A60, dikabarkan akan segera hadir di tanah air dalam waktu dekat.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill