Connect With Us

May Day, Menko Airlangga Pastikan Buruh Dapat THR

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 1 Mei 2022 | 16:41

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berupaya memastikan buruh mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2022, sehingga bisa mudik dan bertemu keluarga.

Apalagi momen Lebaran kali ini bertepatan dengan Hari Buruh (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022. Sehingga pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk berkomitmen meningkatkan taraf hidup para buruh, dengan berbagai kebijakan yang sudah dan akan dikeluarkan, salah satunya terkait THR.

“Mengucapkan selamat Hari Buruh untuk seluruh pekerja di Indonesia. Semoga THR tahun ini tidak ada masalah, agar buruh bisa bergembira di Hari Raya esok,” tutur Airlangga, Minggu 1 Mei 2022.

Menurutnya, buruh merupakan bagian penting dalam perekonomian nasional. Jumlah angkatan kerja di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021, sebanyak 139,82 juta orang. Jumlah ini meningkat sebanyak 1,59 juta dibandingkan pada Agustus 2020.

Airlangga juga menegaskan, pemerintah memberi keleluasaan kepada buruh untuk berusaha dan menjaga ketahanan hidup mereka di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya memastikan pencairan THR tahun ini.

“Kalau ada buruh yang belum terima THR, silakan melapor ke Posko THR yang dibuat Kementerian Ketenagakerjaan. Pemerintah akan menindaklanjuti aduan ini,” tegasnya.

Pada May Day tahun ini, Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini meminta maaf, jika kondisi Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19.

Ia mengaku, meskipun tren kasus Covid-19 di Indonesia konsisten menurun, tetapi penularan belum sepenuhnya hilang.

“Silakan sampaikan aspirasi, berlebaran bersama keluarga di kampung halaman, beribadah Salat Idul Fitri, tetapi tetap disiplin prokes. Jangan sampai setelah Lebaran, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik. Saya harap buruh ikut membantu pemerintah mengendalikan Covid-19 dengan disiplin prokes,” ujar Airlangga.

Airlangga meminta masyarakat yang mudik untuk tetap menjaga diri dan keluarga. Ia juga menitipkan salamnya untuk seluruh keluarga buruh di kampung halaman.

“Selamat mudik, tetap berhati-hati, jaga diri dan keluarga dengan disiplin prokes. Selamat bergembira dan merayakan Lebaran bersama keluarga,” ungkapnya.

Ia mengaku, kondisi ketenagakerjaan nasional sudah mulai pulih dengan turunnya angka pengangguran dari 7,07 persen (Agustus 2020) menjadi 6,49 persen (Agustus 2021).

Selain itu, data menunjukkan penurunan pengangguran tersebut ditunjang dengan meningkatnya lapangan kerja selama 2021 yang mencapai 2,59 juta lapangan kerja baru.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

TANGSEL
Wali Kota Tangsel Salurkan Bantuan Sarana Kesenian dan Keagamaan

Wali Kota Tangsel Salurkan Bantuan Sarana Kesenian dan Keagamaan

Jumat, 12 Juli 2024 | 16:12

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyerahkan bantuan sarana serta prasarana untuk kesenian dan keagamaan kepada warga Kecamatan Serpong Utara.

BANTEN
Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, YBM PLN Banten Gelar Program Khitanan Sehat 

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:26

Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1446 Hijriyah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengadakan Program Khitanan Sehat dengan tema “Muharram Berbagi untuk Generasi Berprestasi.”

MANCANEGARA
Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Senin, 8 Juli 2024 | 15:32

Kartun Upin & Ipin yang memiliki banyak penggemar di Indonesia disebut sebagai alat propaganda dari Negeri Jiran Malaysia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill