Connect With Us

4 Kebiasaan yang Bisa Membuat Gigi Berlubang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 24 November 2022 | 16:25

Ilustrasi sakit gigi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Gigi berlubang menjadi salah satu masalah gigi yang paling sering dialami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini ditandai dengan email gigi yang terkikis hingga menyebabkan adanya lubang di permukaan gigi.

Seseorang yang memiliki gigi berlubang akan memiliki risiko terkena masalah gigi yang lebih tinggi, terutama nyeri.

Memang, para pakar mengatakan bahwa penyebab gigi berlubang adalah adanya penumpukan bakteri pada mulut dan permukaan gigi karena kebersihan gigi yang kurang terjaga.

Namun, jika ditelaah lebih dasar, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menjadi sebab kenapa gigi menjadi berlubang. Penasaran apa saja kebiasaan penyebab gigi berlubang tersebut? Simak ulasannya!

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menjadi penyebab kenapa gigi berlubang dan akhirnya rusak.

Tentu, agar Anda bisa melakukan perawatan gigi dengan baik, beberapa penyebab gigi berlubang tersebut harus diketahui dengan baik. Nah, beberapa kebiasaan yang menyebabkan gigi berlubang tersebut di antaranya sebagai berikut:

 

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis dan asam

Salah satu kebiasaan yang disinyalir menyebabkan masalah gigi berlubang adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki rasa manis serta asam.

Para pakar mengatakan bahwa beberapa makanan manis seperti selai, cokelat, permen serta makanan yang memiliki kandungan karbohidrat bisa menjadi sebab masalah gigi jika tidak dikontrol.

Pasalnya, beragam makanan tersebut akan menghasilkan lebih banyak zat asam. Zat inilah yang nantinya akan mengikis permukaan gigi.

Di samping itu, beragam makanan asam tinggi seperti jeruk, saus tomat, kopi dan lainnya juga bisa mengakibatkan masalah yang sama. Kandungan asam tinggi tersebut akan membuat pertumbuhan bakteri mulut lebih cepat dan meningkatkan zat asam yang merusak gigi. 

 

2. Jarang membersihkan gigi

Membersihkan atau menyikat gigi merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk membersihkan mulut dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Sayangnya, tidak sedikit orang yang cenderung malas untuk membersihkan gigi mereka secara teratur, terutama anak-anak.

Nah, kebiasaan tidak membersihkan gigi ini juga menjadi biang kenapa gigi rusak dan akhirnya berlubang. Pasalnya, tanpa dibersihkan bakteri di dalam mulut akan berkembang lebih cepat dan banyak hingga mengganggu kesehatan gigi. Oleh karenanya, kebiasaan membersihkan gigi harus diterapkan terutama sesudah makan dan sebelum tidur.

 

3. Kurang minum air putih

Kebiasaan lain yang juga turut menjadi sebab kenapa gigi berlubang adalah kurang minum air putih. Para pakar menyebut air putih memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi air liur secara alami, yang memiliki kandungan kalsium serta fluoride untuk melapisi permukaan gigi agar tidak rusak.

Sebaliknya, apabila seseorang cenderung jarang mengonsumsi air putih, maka produksi air liur akan berkurang. Tidak hanya itu, sisa makanan pun akan bertumpuk dan menyebabkan munculnya lebih banyak bakteri yang merusak gigi. 

 

4. Merokok

Tahukah Anda bahwa merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan gigi? Terkait kebiasaan merokok, para pakar mengatakan bahwa para perokok memiliki risiko terkena karies gigi yang lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tidak merokok. Karies gigi inilah yang menjadi sebab kenapa gigi nantinya menjadi berlubang.

Beberapa hal di atas adalah kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan gigi menjadi berlubang dan terkadang tidak disadari. Nah, untuk pencegahan gigi berlubang, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, lakukan perawatan gigi yang baik dan teratur.

Untuk perawatan gigi, Anda bisa menggunakan pasta gigi Pepsodent yang efektif mencegah gigi berlubang. Dengan kandungan kalsium dan fluoride di dalamnya, Pepsodent akan melapisi permukaan gigi dan menjadikannya lebih kuat. 

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill