Connect With Us

Idul Adha 1444 Hijriah, Catat Daftar Tempat yang Menggelar Salat Id Pada 28 Juni Versi Muhammadiyah di Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 22 Juni 2023 | 16:04

Ilustrasi salat berjamaah. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia, organisasi keislaman Muhammadiyah melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah, telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Penetapan tersebut berbeda dengan versi pemerintah yang memutuskan Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 berdasarkan hasil sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama di ruang auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Juni 2023, lalu.

Kendati demikian, perbedaan penetapan hari Raya Idul Adha bukanlah hal yang perlu diperdebatkan, baik perbedaan metode maupun pelaksanaan Salat Id. Pasalnya, di Tangerang, beberapa masjid di bawah naungan Muhammadiyah telah menyiapkan pelaksanaan salat Idul Adha untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim dan ketaatan Nabi Ismail kepada Allah SWT. 

Berikut adalah daftar masjid Muhammadiyah di Tangerang yang akan menggelar salat Idul Adha seperti dilansir dari CNN Indonesia, Kamis, 22 Juni 2023.

Kabupaten Tangerang:

  1. Halaman Gedung Dakwah Muhammadiyah Panongan di Sawangan Ciakar Panongan akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam yang akan memimpin salat ini adalah Hartono Sohfyan, sedangkan Khatib yang akan memberikan ceramah adalah Agusani.
  2. Halaman Kampus UNIMAR Tigaraksa (PCM Tigaraksa) juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah Thoat Hamim.
  3. PCM Bumi Indah, yang berada di halaman Pujasera Bumi Indah Tahap 1, juga akan menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha. Imam Udrus Maloko dan Khatib akan memimpin ibadah serta memberikan ceramah.
  4. Halaman Perguruan Muhammadiyah Kademangan Gading Serpong akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam yang akan memimpin salat adalah Wahyudin, sedangkan Khatib yang akan memberikan khutbah adalah Alpha Amirrachman.
  5. Di Tanah Lapang depan SSAD PCM Solear/TK 'Aisyiyah Solear, juga akan diadakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah John Hendri Sutaniskandar.
  6. Masjid Al Munawaroh Pasir Jaya juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah H. Idris HK.
  7. Halaman SD/SMP Muhammadiyah Bojong Nangka, yang terletak di Perumahan Datang Indah Blok SG12, juga akan menjadi lokasi salat Idul Adha. Imam H. Wurdono akan memimpin salat, sementara Khatib akan memberikan khutbah.

Kota Tangerang:

  1. Halaman Perguruan Muhammadiyah Cibodas akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah Milana Abdillah.
  2. Lapangan Mini PAM (PCM Cibodas) juga akan menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha. Imam Syahroni Alfa Khoir akan memimpin salat, sementara Khatib HM. Syamsuddin akan memberikan khutbah.
  3. Lapangan Masjid Agung Al Jabbar Perumnas 2 Kota Tangerang juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam Ibnu Rusydi akan memimpin salat, sedangkan Khatib H. Tb. Luay akan memberikan khutbah.

Kota Tangerang Selatan:

  1. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Serpong Utara, yang terletak di Lapangan Parkir Lotte Mart Alam Sutra Tangsel, akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah Hehamahua.
  2. Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah Hartono Rahimi.
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill