Connect With Us

Idul Adha 1444 Hijriah, Catat Daftar Tempat yang Menggelar Salat Id Pada 28 Juni Versi Muhammadiyah di Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 22 Juni 2023 | 16:04

Ilustrasi salat berjamaah. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia, organisasi keislaman Muhammadiyah melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah, telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Penetapan tersebut berbeda dengan versi pemerintah yang memutuskan Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 berdasarkan hasil sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama di ruang auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Juni 2023, lalu.

Kendati demikian, perbedaan penetapan hari Raya Idul Adha bukanlah hal yang perlu diperdebatkan, baik perbedaan metode maupun pelaksanaan Salat Id. Pasalnya, di Tangerang, beberapa masjid di bawah naungan Muhammadiyah telah menyiapkan pelaksanaan salat Idul Adha untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim dan ketaatan Nabi Ismail kepada Allah SWT. 

Berikut adalah daftar masjid Muhammadiyah di Tangerang yang akan menggelar salat Idul Adha seperti dilansir dari CNN Indonesia, Kamis, 22 Juni 2023.

Kabupaten Tangerang:

  1. Halaman Gedung Dakwah Muhammadiyah Panongan di Sawangan Ciakar Panongan akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam yang akan memimpin salat ini adalah Hartono Sohfyan, sedangkan Khatib yang akan memberikan ceramah adalah Agusani.
  2. Halaman Kampus UNIMAR Tigaraksa (PCM Tigaraksa) juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah Thoat Hamim.
  3. PCM Bumi Indah, yang berada di halaman Pujasera Bumi Indah Tahap 1, juga akan menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha. Imam Udrus Maloko dan Khatib akan memimpin ibadah serta memberikan ceramah.
  4. Halaman Perguruan Muhammadiyah Kademangan Gading Serpong akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam yang akan memimpin salat adalah Wahyudin, sedangkan Khatib yang akan memberikan khutbah adalah Alpha Amirrachman.
  5. Di Tanah Lapang depan SSAD PCM Solear/TK 'Aisyiyah Solear, juga akan diadakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah John Hendri Sutaniskandar.
  6. Masjid Al Munawaroh Pasir Jaya juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah H. Idris HK.
  7. Halaman SD/SMP Muhammadiyah Bojong Nangka, yang terletak di Perumahan Datang Indah Blok SG12, juga akan menjadi lokasi salat Idul Adha. Imam H. Wurdono akan memimpin salat, sementara Khatib akan memberikan khutbah.

Kota Tangerang:

  1. Halaman Perguruan Muhammadiyah Cibodas akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah Milana Abdillah.
  2. Lapangan Mini PAM (PCM Cibodas) juga akan menjadi lokasi pelaksanaan salat Idul Adha. Imam Syahroni Alfa Khoir akan memimpin salat, sementara Khatib HM. Syamsuddin akan memberikan khutbah.
  3. Lapangan Masjid Agung Al Jabbar Perumnas 2 Kota Tangerang juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam Ibnu Rusydi akan memimpin salat, sedangkan Khatib H. Tb. Luay akan memberikan khutbah.

Kota Tangerang Selatan:

  1. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Serpong Utara, yang terletak di Lapangan Parkir Lotte Mart Alam Sutra Tangsel, akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan ceramah adalah Hehamahua.
  2. Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang juga akan menyelenggarakan salat Idul Adha. Imam dan Khatib yang akan memimpin salat dan memberikan khutbah adalah Hartono Rahimi.
TANGSEL
4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

4 Orang Jadi Tersangka Bullying Binus School Serpong Tangsel, Salah Satunya Alumni

Jumat, 1 Maret 2024 | 19:30

Sebanyak 4 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus bullying di Binus Internasional Serpong, oleh Polres Tangerang Selatan (Tangsel).

HIBURAN
Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Viral Warga Kejar Sosok Kuyang, Diduga Incar Ibu Hamil

Jumat, 1 Maret 2024 | 10:35

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi sejumlah warga melakukan pengejaran terhadap sesosok kuyang.

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill