Connect With Us

SMS 2024, Media Online Lokal Diajak Naik Kelas

Fahrul Dwi Putra | Senin, 6 Mei 2024 | 15:20

Acara Sumatera Media Summit (SMS) 2024 di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin, 6 Mei 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Sumatera Media Summit (SMS) 2024, yang digagas oleh Suara.com bersama Internasional Media Support (IMS), sukses mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media, hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Sumatera. 

Acara kick-off ini berlangsung di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin, 6 Mei 2024, dibuka oleh Editor in Chief dan CEO Suara.com Suwarjono.

Selain itu, didukung juga oleh Coutry Manager International Media Support (IMS) Eva Damayanti dan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Sekda Zulkarnain.

Menurut Suwarjono, kehadiran media-media online lokal dari Aceh, Batam, hingga Sumsel menunjukkan antusiasme ekosistem Sumatera dalam acara bertajuk 'Kolaborasi media lokal menembus batas untuk naik kelas'. 

Suwarjono menyatakan SMS 2024 bertujuan untuk mempertemukan media-media lokal se-Sumatera dengan para pemangku kepentingan. 

Ia menekankan pentingnya persatuan tersebut karena Sumatera merupakan salah satu pengakses digital terbanyak, dan memiliki beragam media massa berbasis di pulau ini.

"Pengakses digital di pulau Sumatera terbanyak kedua di Indonesia," ungkapnya.

Berdasarkan data Dewan Pers, terdapat 775 dari 1.812 media massa Indonesia yang berbasis di Pulau Sumatera.

Untuk itu, SMS 2024 disiapkan sebagai ajang bagi para pemilik media agar berbagi pengalaman dan tips membangun bisnis serta redaksi. 

Kegiatan ini juga mencakup sesi coaching clinic dengan narasumber nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas media lokal.

"Banyak media yang mengelola tapi tidak dibarengi model bisnis yang jelas, sehingga keberlangsungan tidak bisa bertahan lama," tambahnya.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria berharap, SMS 2024 dapat mendukung media lokal untuk meningkatkan kualitasnya dan berinovasi untuk menarik lebih banyak audiens. 

Dia juga menyerukan kepada perusahaan platform digital untuk memberikan respons positif terhadap Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas atau Publisher Rights.

"Media lokal harus tetap berkembang dan naik kelas," kata Nazar.

Sementara itu, Coutry Manager International Media Support (IMS) Eva Damayanti menyatakan, media lokal harus adaptif terhadap perkembangan terkini dan menghasilkan konten yang berkualitas. 

Dia mendorong agar ekosistem media digital di Sumatera Selatan bisa menghasilkan konten yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami mendorong ekosistem, media digital di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan bisa menghasilkan konten yang bagus dan berkualitas untuk masyarakat luas. Tahun lalu, kami juga ikut mendukung Jatim Media Summit," bebernya.

Asisten Administrasi dan Umum Sekda Zulkarnain menambahkan, SMS 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi dan pariwisata setempat. 

Zulkarnain menyebut pentingnya peran media massa sebagai penopang pembangunan ekonomi dan penjaga demokrasi.

SMS 2024 dirancang agar bisa menjadi wadah untuk menguatkan media lokal dalam mengawal demokrasi dan menangkal penyebaran informasi palsu. 

"Semoga Sumatera Media Summit 2024 ini bisa ajang saling menguatkan media lokal di Sumsel untuk mengawal demokrasi," pungkasnya.

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill