Connect With Us

Sinar Mas Land Bangun Biomedical Campus Senilai Rp2 Triliun di BSD untuk Penelitian Kesehatan

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 3 Desember 2023 | 04:12

Pembangunan Biomedical Campus di kawaan Digital Hub, BSD City, Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 2 Desember 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Sinar Mas Land mulai melirik sektor kesehatan dengan membangun Biomedical Campus di kawaan Digital Hub, BSD City, Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land menjelaskan, Biomedical Campus merupakan sebuah fasilitas yang disediakan untuk mendukung sekaligus meningkatkan kegiatan penelitian, serta menghadirkan ekosistem fasilitas kesehatan lainnya mulai dari pendidikan hingga layanan kesehatan terdepan. 

"Fasilitas ini juga merupakan inovasi terbaru Sinar Mas Land mendukung inisiatif pemerintah dalam melaksanakan tranformasi kesehatan," katanya saat peluncuran Biomedical Campus, di Digital HUB BSD, Sabtu 2 Desember 2023. 

Ia menjelaskan, Smart Building Biomedical Campus ini  berdiri di atas tanah seluas 11.800 m2 dengan luas gedung 31.800 m2.

Terdapat sejumlah layanan utama di Biomedical Campus yakni gedung perkantoran, smart business center, experience center, makerspace serta F&B.

"Sinar Mas Land menggelontorkan dana investasi sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan selama 5 tahun ke depan," ujar Michael.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan akurat, Biomedical Campus menggunakan teknologi digital twin dari Microsoft.

Teknologi ini mengubah manajemen pengelolaan gedung yang dulunya manual dan terbatas pada pemeriksaan fisik, menjadi digital, prediktif dan akurat.

Gedung pintar Biomedical Campus juga akan menawarkan smart experience bukan hanya bagi pengelola gedung namun juga pada tenant dan pengunjung.

Sistem dan subsistem gedung didesain menggunakan VMS (Visitor Management System) yang akan memberikan kemudahan akses masuk secara FR (Face Recognition) atau QR (Quick Response) Code. Fasilitas Smart parking juga akan dinikmati oleh tenants maupun pengunjung. 

"Biomedical Campus direncanakan akan mulai beroperasi pada Januari 2024. Semoga fasilitas ini dapat menjadi magnet bagi perusahaan terkemuka dari seluruh dunia, untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat pengembangan riset dan teknologi kesehatan," ungkap Michael.

 

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan (Menkes) dalam kegiatan tersebut menyatakan dirinya memahami bahwa kolaborasi antar pemerintah, industri, maupun swasta sangat dibutuhkan agar transformasi digital di bidang kesehatan ini berhasil membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia.

Kolaborasi dengan institusi pelayanan, pendidikan, dan penelitian pun juga sangat penting, sehingga semua perlu bersinergi dan bersatu padu.

"Saya melihat misi Biomedical Campus sejalan dengan agenda transformasi digital yang dijalankan Kementerian Kesehatan. Transformasi digital berpotensi sangat besar, terlebih memasuki era Society 5.0 yang menggabungkan ilmu dan teknologi super intelligence untuk melayani manusia," ujarnya.

Menkes juga mengatakan Biomedical Campus merupakan pilihan yang tepat dibuka oleh Sina Mas Land karena kesempatannya besar sekali.

"Selamat anda pilih sektor yang tepat, bukan hanya properti tapi juga bisnis kesehatan. Kenapa kesehatan semakin besar oppurtunity-nya, sebab ini hal yang paling prioritas bagi setiap orang," jelasnya.

Airlangga Hartarto, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia mengapresiasi yang dilakukan oleh Sinar Mas Land untuk mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia.

"Kita bersama Indonesia akan memiliki bonus demografi sampai tahun 2038, sehingga akan memiliki generasi yang produktif. Namun perlu ingat untuk menjadi produktif itu harus sehat. Jika tidak sehat hanya akan jadi beban, karena perlu bansos," paparnya.

Apalagi BSD City sudah memiliki dua kampus tingkat internasional yakni Apple Academy dan Monash University, maka kehadiran Biomedical Campus sangat penting untuk menciptakan kawasan center of excellence pendidikan berbasis digital.

"Fasilitas pendidikan dan penelitian kesehatan akan meningkatkan kemampuan research dalam negeri untuk menjawab tantangan kesehatan global,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, jajaran management Sinar Mas Land melakukan penandatangan kerja sama strategis bersama sejumlah partners di bidang Kesehatan.

Adapun partners tersebut di antaranya PT Etana Biotechnologies Indonesia, Asa Ren, Pathgen Diagnostik Tekno, Fullerton Health Indonesia, Pyridam Farma, I-SWAM, Monash University, Careoth Inc., dan AWS Indonesia.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill