Connect With Us

8,6 Kilometer Jalan Aspal di BSD City Tangerang Dibangun Pakai Campuran Sampah Plastik

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 14 Desember 2023 | 16:58

Pembangunan jalan di kawasan BSD City, Tangerang, pakai bahan campuran sampah plastik. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land terus berkomitmen dalam menyediakan solusi inovatif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Salah satu upayanya bermitra dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group) dalam mengembangkan infrastruktur berbasis ekonomi sirkular, melalui penerapan aspal plastik di BSD City sejak 2021 lalu.

Di akhir tahun 2023, kedua perusahaan sukses merampungkan gelaran jalan aspal sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. 

Inisiatif ini setara dengan memanfaatkan 164,2 juta lembar plastik kresek atau setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA.

Capaian kolaborasi antara Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group juga turut menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang memanfaatkan aspal plastik. 

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono mengatakan suatu kehormatan bagi pihaknya di wilayah Kabupaten Tangerang dijadikan percontohan penerapan aspal dengan campuran sampah plastik.

Ini bukan hanya sebuah inovasi keberlanjutan, tetapi bisa menjadi tonggak sejarah baru bagi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tangerang.

Ia pun mengapresiasi inovasi terobosan teknologi sebagai wujud komitmen bersama, untuk terus maju menghasilkan solusi berkelanjutan dan menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

"Tentunya, saya juga berharap kegiatan ini dapat diimplementasikan di jalan utama dan jalan-jalan lainnya di wilayah Kabupaten Tangerang," katanya, Rabu 13 Desember 2023.

Direktur Bina Teknis Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita Pandjiriawan mengatakan PUPR telah meneliti Aspal Plastik di 2017.

Pihaknya mengapresiasi Chandra Asri Group, karena sudah mulai mengaplikasikannya pada tahun 2018 di pabriknya di wilayah Cilegon.

"Saat ini juga telah berkolaborasi dengan Sinar Mas Land. Semoga ke depan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan properti lain, dengan demikian, permasalahan sampah plastik bisa kita selesaikan bersama," katanya.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan dalam komitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan di Indonesia, Sinar Mas Land mengakui urgensi tindakan konkret dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan.

"Kami yakin bahwa penanganan limbah plastik merupakan salah satu permasalahan yang memerlukan solusi terstruktur. Kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan Chandra Asri Group ini merupakan bukti nyata untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan," jelasnya.

Penerapan aspal plastik di BSD City bukan hanya sekadar inovasi teknologi, tetapi juga untuk mendukung pengembangan infrastruktur yang ramah lingkungan serta diharapkan dapat memberdayakan masyarakat lokal, dalam membangun model ekonomi sirkular yang berdampak positif.

"Ke depannya, kami berharap aplikasi aspal plastik di BSD City tidak berhenti sampai di sini, tetapi kami juga akan mencari kesempatan baru agar aspal plastik ini dapat digunakan di proyek Sinar Mas Land lainnya,” paparnya.

Edi Rivai, Direktur Legal External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group menyampaikan Chandra Asri Group terus berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik melalui konsep ekonomi sirkular.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menginisiasi penggunaan limbah plastik sebagai campuran aspal dengan pendekatan kolaborasi multipihak, sesuai dengan komitmen pihaknya pada Our Ocean Conference 2018, untuk melakukan implementasi 100 KM aspal plastik pada 2023.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Sinar Mas land untuk merealisasikan misi kami dalam penggunaan aspal plastik sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik terbuang ke TPS," katanya.

Kesuksesan proyek aspal plastik di BSD City ini sekaligus menegaskan kembali bahwa setiap pemangku kepentingan memiliki peranan penting dalam mengentaskan permasalahan sampah plastik di Indonesia.

"Kami berharap apa yang telah Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group telah lakukan dapat menginspirasi lebih banyak institusi untuk proaktif dan ikut serta mengadopsi Aspal Plastik," ucapnya.

KOTA TANGERANG
Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Berhasil Kelola Transportasi Umum di Tangerang, Arief Dinilai Cocok Pimpin Banten

Sabtu, 27 April 2024 | 22:08

Sosok mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief R Wismansya semakin mendapat dukungan positif menjadi Calon Gubernur Banten.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill