Connect With Us

Canggih, Tangsel Punya CCTV yang Bisa "Ngomong"

Yudi Adiyatna | Kamis, 14 September 2017 | 21:00

Ruang ATCS Di Kantor Dinas Perhubungan Tangsel. (@TangerangNews2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Guna memantau titik kemacetan dan mengantisipasi tindakan kriminal, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan telah menerapkan sistem Area Traffic Center System (ATCS).

"Ini pengendali lalu lintas berbasis teknologi, dengan adanya ATCS ini ada keringanan teman- teman (petugas Dishub)  di lapangan, ini juga untuk memantau hal- hal yang tidak diinginkan," Kata kepala bidang lalu lintas Dinas Perhubungan Tangsel, Ika, Kamis (14/9/2017)

Ika mengatakan, dengan dioperasikannya sistem ATCS ini,  juga berguna untuk safety pengendara agar tidak melanggar lalu lintas, seperti motor yang berhenti tidak pada tempatnya atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. BACA JUGA : Tarif Parkir di Tangsel Naik, Warga Pertanyakan Pemerintah

"Kalau ada yang melanggar di lampu merah bisa ketauan di CCTV, dan nanti akan di himbau lewat pengeras suara, karena kalau bagian penindakan ranahnya di kepolisian," katanya.

Saat ini, lanjut Ika, terdapat delapan buah kamera CCTV yang bisa berputar 360 derajat untuk memantau dan mengawasi setiap pengendara yang berada di persimpangan jalan.

"Saat ini sudah ada empat persimpangan yang dilengkapi kamera CTZ dan kamera detektor untuk melihat sejauh mana kepadatan kendaraan, sehingga nanti kita bisa menentukan detik di lampu lalu lintas," ungkapnya.

Kedepannya, kata Ika pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas agar penggunaan ATCS ini berjalan maksimal dan pihak kepolisian juga harus siap dengan data base kendaraan yang dimilikinya.

"Jadi apabila kita sudah memfoto dan merekam plat nomor kendaraan yang melanggar, pihak kepolisian bisa melacak plat nomor tersebut. Ini sudah terpasang dari awal tahun 2016 secara bertahap sampai sekarang," ungkapnya. BACA JUGA : Ini Alasan Dishub Tangsel Naikan Tarif Parkir

Saat ini sendiri baru empat persimpangan yang ada di wilayah Tangsel yang sudah terpasang sistem tersebut, empat wilayah tersebut diantaranya persimpangan German Center BSD, Persimpangan Bundaran Alam Sutera, Persimpangan Gading Serpong, dan Persimpangan Muncul, Setu.

"Rencana ibu wali kota sampai tahun 2021 akan terpasang di 18 titik persimpangan di kota Tangerang Selatan agar masyarakat bisa tertib dan aman," tutupnya.(RAZ)

NASIONAL
Pelaku Usaha Wajib Sertifikasi Halal Oktober 2024, Pelanggar Dilarang Jualan

Pelaku Usaha Wajib Sertifikasi Halal Oktober 2024, Pelanggar Dilarang Jualan

Jumat, 12 Juli 2024 | 17:47

Pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk memiliki sertifikasi halal yang berlaku mulai Oktober 2024. Bagi yang tidak mengurus sertifikat kehalalan produknya, terancam dikenakan sanksi dilarang berjualan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

OPINI
Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Lumpuhnya Peran Keluarga dalam Belenggu Sistem Biang Bencana

Senin, 8 Juli 2024 | 15:36

Sering sekali konfilk terjadi di ranah keluarga, tak luput pula banyaknya berita terkait pencabulan yang dilakukan oleh ayah kandung, KDRT yang dialami oleh istri, atau bahkan kasus lainnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill