Connect With Us

LIRA Temukan Dugaan MarkUp Pengadaan Barang dan Jasa

| Kamis, 22 April 2010 | 17:31

RSUD Tangsel sementara. (tangeerangnews / dens)

 
TANGERANGNEWS-Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Banten menemukan
adanya dugaan percobaan korupsi pada pelaksanaan lelang barang dan jasa Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Hal itu berdasar pada temuan penggelembungan harga di pagu anggaran barang yang akan ditenderkan Dinas Kesehatan Kota Tangsel, setelah dikomparasi dengan harga dari distributor.
   
Sekretaris Daerah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Banten, Drajat Sumarsono kepada wartawan mengatakan,  hasil komparasi pihaknya terhadap harga barang yang dikeluarkan Dinkes dengan harga dari distributor alat kesehatan, didapati perbedaan yang dignifikan. Dalam hal ini, harga yang dikeluarkan Dinkes lebih tinggi dari harga distributor dipasaran. Drajat menyatakan selisih harga tersebut mencapai 150 - 175 persen.
"Harga Dinkes lebih tinggi. Karena itu kami menilai ada usaha korupsi yang hendak dilakukan saat proses lelang ini," kata Drajat.
Disambung Drajat, barang Alkes yang dijadikan komparasi harga dari distributor adalah buatan Jerman. Yang apabila ditotal secara keseluruhan seluruh barang yang dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan harganya tidak mencapai Rp 4,9 miliar seperti yang tercatat dalam
pagu.
"Berdasarkan harga di distributor, total barang yang dibutuhkan itu hanya Rp 2 miliar. Itu kami bandingkan dari empat distributor," kata Drajat. Atas itu juga, Drajat menyatakan apabila Dinkes Kota Tangsel membatalkan proses pelelangan, maka Dinkes juga harus merubah pagu anggaran. Pasalnya, apabila tidak dirubah, maka tetap akan ada korupsi dalam pelaksanaan lelang Dinas Kesehatan."Kalau memang lelang dibatalkan. Dinkes juga harus membatalkan pagu anggaran," kata Drajat.(dira)

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

TEKNO
Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Smartphone OPPO Paling Banyak Dibeli Warga Indonesia di Awal Tahun 2024

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:16

Smartphone OPPO tercatat sebagai ponsel yang paling banyak dibeli di Indonesia pada awal tahun 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill