Connect With Us

Airin : Ada Kontradiksi Ekonomi di Tangsel

| Minggu, 5 September 2010 | 13:48

Abdul Rojak dan Airin Rachmi Diany (tangerangnews / dira)

 
 
TANGERANGNEWS- Di tengah pertumbuhan perumahan di Kota Tangsel, seperti Bumi Serpong Damai (BSD), Citra Raya, Bintaro Jaya dan Alam Sutera kawasan kemiskinan masih tersebar luas. Bahkan di Kecamatan Serpong yang banyak menyediakan kompleks perumahan mewah masih ada beberapa kawasan kemiskinan seperti di Kelurahan Ciater, Rawabuntu dan Serpong.
 
Demikian diungkapkan Pembina Forum Masyarakat Peduli Pendidikan dan Kesehatan Banten Airin Rachmi Diany dalam sebuah kesempatan wawancara beberapa waktu lalu di kantornya, Sabtu, (4/9).
 
Menurut Airin, Pertumbuhan ekonomi Tangsel saat ini mencapai level tertinggi yakni 7,24%, di atas rata-rata LPE  Provinsi dan Nasional. “Jadi ada kontradiksi, di satu sisi tingkat pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, tapi di sisi lain kemiskinan masih menjadi momok yang terus menghantui perjuangan kita,” tuturnya.
 
Airin menambahkan, fakta ini menunjukkan betapa kesenjangan ekonomi antara kelas menengah atas dan kelas bawah masih lebar. Hal ini dapat disimpulkan dari pendapatan per kapita penduduk yang hanya sebesar  Rp. 8.459.08,  masih dibawah rata-rata Provinsi (Rp. 12.756,90).
 
Untuk menangani masalah pelik ini, lanjut dia, Kota Tangsel harus dapat mendorong perluasan lapangan kerja dan peluang usaha. Dalam hal ini, tiga komponen harus terus bersinergi yakni antara, Pemerintah sebagai pembuat kebijakan, Pihak swasta sebagai penyedia usaha, dan masyarakat sebagai sumber daya.
 
“Konsep saya menata Tangsel adalah membangun bersama seluruh pemangku kepentingan. Pembangunan Tangsel harus dikelola dan ditata dengan baik dengan harapan dan keinginan warga sesuai potensi yang ada,” katanya.
 
Airin memaparkan, dari keseluruhan penduduk Kota Tangsel, sebagian besar pekerja adalah penduduk usia produktif (15 – 64 tahun) dengan latar belakang pendidikan SLTA ke bawah. Kelompok usia tidak produktif banyak terdapat di Kecamatan Pondok Aren dan Pamulang. Dilihat dari tingkat pendidikan penduduk usia produktif, SDM Kota Tangsel belum memiliki nilai tambah bagi daerah otonom. Hal ini ditunjukkan pula oleh adanya angka pengangguran yang masih relatif tinggi, yaitu sebesar 11,43% dari total usia produktif.
 
Di bidang pendidikan, lanjut Airin, Kota Tangsel memiliki begitu banyak SMP dan SMA serta perguruan tinggi swasta yang memiliki nama, namun tidak bisa dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. “Karena itu, perlu diupayakan pendidikan yang terjangkau, dan juga anggaran pendidikan 20 persen dari total jumlah APBD harus benar-benar diwujudkan,” jelasnya.(deddy)
 
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill