Connect With Us

DLH Klaim Kualitas Udara di Tangsel Aman

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 Agustus 2023 | 11:44

Ilustrasi kota berpolusi (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengklaim kualitas udara di Tangerang Selatan (Tangsel) masih tergolong aman.

Pernyataan itu berlainan dengan hasil dari sejumlah aplikasi yang menyebutkan kualitas udara di Tangsel tidak sehat sejak beberapa pekan lalu.

Kepala DLH Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan, kualitas udara di Tangsel baik-baik saja berdasarkan pemantauan udara yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

Wahyu memaparkan, terdapat lima unsur partikel udara berbahaya yang dapat dipantau melalui alat ukur kualitas udara, yakni dioksin, arsenik, sulfur dikosida, karbon monoksida, dan magnesium dioksida.

Lanjutnya, kelima unsur partikel udara tersebut beracun dan sangat berbahaya lantaran dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk kanker paru.

Namun, unsur partikel udara tersebut memiliki dinamika yang tidak menentu, misalnya terkadang padat dan berukuran besar karena tengah kemarau.

"Biasanya partikel ini terurai oleh hujan, bisa tereduksi oleh ruang-ruang terbuka hijau yang banyak pohon-pohon lindung," jelasnya dikutip dari tribunnews.com, Senin, 14 Agustus 2023.

Menurutnya, masyarakat perlu untuk mengetahui apa saja kandungan partikel di udara guna menentukan kualitas udara berbahaya atau tidak.

"Kalau alat kami ada, yang disebut alat aktif. Kami mengukur partikel yang ada di udara, kemudian kandungan partikel tersebut," jelasnya.

Sebagai informasi, DLH memiliki peralatan aktif maupun pasif dan metodologi yang teruji untuk mengambil sampel dari tujuh kecamatan dengan tempo tertentu di setiap kelurahan.

Lalu, hasilnya akan dibandingkan dengan alat aktif di Taman Kesehatan, kemudian alat tersebut bekerja secara real time terus menerus.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

BISNIS
PLN Masuk Daftar 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

PLN Masuk Daftar 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Rabu, 19 Juni 2024 | 12:07

Perusahaan kelistrikan Indonesia, PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

TANGSEL
2 Pemuda di Pondok Aren Tangsel Minta Sumbangan Kurban, Ternyata Uangnya Buat Foya-foya

2 Pemuda di Pondok Aren Tangsel Minta Sumbangan Kurban, Ternyata Uangnya Buat Foya-foya

Minggu, 23 Juni 2024 | 04:30

Dua pemuda ditangkap aparat Polsek Pondok Aren, Polres Tangerang Selatan (Tangsel) lantaran diduga melakukan pungutan liar (pungli) dengan dalih untuk pembelian hewan kurban.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill