Connect With Us

Awas ! 15 Bahan Makanan Beracun Masih Dijual di Tangsel

| Kamis, 16 Agustus 2012 | 10:43

Sidak Tim Gabungan BPOM di Ciputat Tangsel. (tangerangnews / bambang)



TANGERANG-Belasan makanan yang dijual di Pasar Ciputat, Kota Tangsel mendekati Lebaran masih mengandung bahan kimia berbahaya, formalin dan borak. Makanan beracun ini setiap hari dijual bebas dan dikonsumsi masyarakat.

Sidak gabungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten dengan dinas terkait di Kota Tangsel pada Rabu (15/8) di Pasar Ciputat terdata dari 19 sampel makanan yang diteliti.
 
Lagi-lagi  ditemukan 15 makanan beracun.
Dinas Kesehatan Tangsel yang membawa tim Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) langsung meneliti semua makanan di tempat.
 
 Hasilnya, 15 makanan mengandung formalin dan borak. Diantaranya, 4 boks tahu putih besar, pacar cina, kolang kaling, rumput laut, sosis merah kemasan, mutiara merah, mutiara kuning, kerupuk merah, manisan ceri, bleng ap jago, mutiara merah.

"Tahu puih besar sebanyak empat boks positif mengandung formalin hingga melebihi batas ppm, yaitu lebih dari 1,5 ppm. Sedangkan puluhan bleng cap jago tersebut positif mengandung borak, yang seharusnya hanya boleh dijual di toko kimia," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Tangsel,Muhamad, usai melakukan sidak di Pasar Ciputat.

Menurut Muhamad, Sejumlah pedagang saat melihat razia banyak yang meninggalkan dagangannya. "Barang sitaan ini selanjutnya kami serahkan ke polisi untuk menindaklanjuti. Karena saat razia banyak pedagang yang mengatakan itu hanya barang titipan. Sedangkan yang punya belum dapat diketahui. Selain itu, kita juga akan melakukan penyelidikan hingga ke tempat produksi, untuk mengetahui siapa yang mencampurkan barang berbahaya-nya tersebut," jelasnya.
Sementara itu, Imam (26), salah seorang pedagang di Pasar Ciputat  yang barang dagangannya banyak terbukti mengandung bahan berbahaya, mengaku tidak tahu menahu adanya bahan pengawet pada barang dagangannya. "Tak tahu, saya hanya dititipin untuk menjualnya," ungkapnya.

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
PLN Teken MoU dengan Polda Metro Jaya Soal Pengamanan Instalasi Tenaga Listrik 

PLN Teken MoU dengan Polda Metro Jaya Soal Pengamanan Instalasi Tenaga Listrik 

Selasa, 7 Mei 2024 | 20:40

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya

BANTEN
Bakal Nyalon Jadi Gubernur Banten di Pilkada 2024, Intip Harta Kekayaan Arief R Wismansyah

Bakal Nyalon Jadi Gubernur Banten di Pilkada 2024, Intip Harta Kekayaan Arief R Wismansyah

Selasa, 7 Mei 2024 | 13:00

Arief Rachadiono Wismansyah menyatakan siap mencalonkan diri menjadi Gubernur Banten dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill