Connect With Us

Disperindag Tangsel Dongkrak Omzet IKM dengan Label Halal

| Selasa, 25 September 2012 | 20:00

Peta Tangsel (tangerangnews / dira)

Reporter : Dira Derby

TANGERANG
-Banyaknya ritail dan toko modern menyumbang masuknya berbagai jenis produk. Disinyalir, keadaan ini membuat Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Tangsel diakui sulit berkembang. Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel mendorong agar IKM ini mendapatkan pangsa pasar di daerahnya.
 
"Kita memberikan fasilitasi label halal kepada IKM-IKM yang tengah berkembang di Kota Tangsel," kata Nurhayati, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Disperindag Kota Tangsel, Selasa (25/9).
 
Dikatakan Nurhayati, program ini dilakukan sejak 2011 hingga saat ini. Yakni dengan mengumpulkan para pelaku IKM tersebut untuk mendapatkan fasilitasi pengurusan label sertifikasi halal dari MUI. "Tahun 2011 jumlahnya ada 41 pelaku IKM, dan 2012 40 IKM yang kita bantu mendapatkan sertifikasi halal," jelasnya.
 
IKM yang dibantu dalam mendapatkan label halal ini yang masuk kategori IKM dalam pengembangan. Yaitu, IKM yang dinilai mengalami kesuitan dalam mengembangkan perusahaannya. "Mereka, benar-benar IKM yang tengah merintis. IKM kecil yang membutuhkan sarana fasilitasi dari pemerintah," ujarnya.
 
Kendati demikian, IKM yang tengah berkembang tersebut juga harus memenuhi sayarat untuk bisa mendapatkan fasilitasi dari Disperindag. Diantaranta memiliki surat keterangan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan Kota Tangsel untuk IKM yang memproduksi makanan dan minuman. Dan, Izin IKM PRT untuk produk lain seperti kosmetik dan produk lain.
 
"Selain itu, kegiatan IKM itu juga harus sudah berjalan minimal 5 tahun, dan memiliki pekerja minimal lima orang. Jika tidak memenuhi syarat itu, tidak kita berikan fasilitasi," jelasnya.
 
Untuk label sertifikasi halal tersebut, lanjut Nurhayati, Disperindag bekerja sama dengan MUI Banten. Dalam hal ini, Lembaga Pengkajian Pangan Obat Makanan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten. Lantaran, instansi yang bewenang mengeluarkan sertifikat itu adalah LPPOM. "MUI Tangsel juga kita libatkan. Tapi, untuk sertifikatnya dikeluarkan dari LPPOM karena mereka yang memiliki ahli dan peralatan," katanya seraya mengatakan, sebagian sertifikat halal sudah dibagikan Disperindag kepada pelaku IKM pada bazar menjelang Lebaran bulan lalu.
 
Di tempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Data dan Informasi Industri Disperindag Kota Tangsel Uti Ambarwati menambahkan, kegiatan fasilitasi sertifikat halal untuk IKM tersebut untuk memajukan IKM. Supaya, IKM bisa memiliki rasa percaya diri ketika memasarkan produknya ketika telah mendapatkan sertifikat halal. "Tujuannya, agar omzet dari IKM ini juga meingkat," katanya.
 
Selain itu, kata Uti, kegiatan tersebut juga untuk memberikan rasa aman kepada konsumen. Mana kala, produk IKM memiliki jaminan halal dari MUI maka, diharapkan akan tumbuh rasa kepercayaan konsumen untuk membeli barang tersebut. "Mungkin IKM yang kita bantu juga butuh pembiayaan, dengan sertifikat ini kami yakin akan membantu mereka mendapatkan bantuan. Karena setidaknya ada kepastian dari MUI terkait produk itu," jelasnya.

MANCANEGARA
Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Selasa, 14 Mei 2024 | 11:45

Nasib tragis dialami Rick Slayman, 62, pria asal Weymouth, Massachusetts, Amerika Serikat dinyatakan meninggal dunia Sabtu, 11 Mei 2024, lalu, setelah belum lama menjalani operasi transplantasi ginjal babi.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TANGSEL
Benyamin-Pilar Paparkan Keberlanjutan Pembangunan Tangsel kepada Nasdem

Benyamin-Pilar Paparkan Keberlanjutan Pembangunan Tangsel kepada Nasdem

Kamis, 16 Mei 2024 | 20:49

Pemaparan visi misi Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2025-2029 digelar DPW Partai Nasdem Provinsi Banten, di Hotel Aston Kota Serang, Rabu 11 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill