Connect With Us

Ayah Hatta Rajasa Tolak Dimakamkan di TMP

| Rabu, 20 Februari 2013 | 21:02

TANGERANG-Ayah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, M. Tohir Achmad, enggan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata karena ingin disemayamkan berdekatan dengan istrinya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir.
 
"Beliau berpesan kalau dipanggil Allah tidak mau dimakamkan di TMP karna beliau punya bintang jasa, bintang gerilya, dan bintang militer. Tapi beliau ingin dimakamkan di TPU dan minta diberangkatkan dari rumah," kata Hatta Rajasa di rumah duka, River Park Blok GH 4 No. 15 Sektor 8 Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Rabu (20/2) pagi.
 
M. Tohir Ahmad lahir di Jejawi, Palembang, 13 April 1927 dan meninggal dunia di Jakarta, Selasa malam (19/2) pukul 23.30 WIB. Dia merupakan pensiunan tentara yang pernah berjasa pada masa revolusi perang gerilya untuk gerakan operasi militer Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Jenazahnya dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu siang, pukul 13.00 WIB.
 
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengenang ayahnya sebagai sosok dengan disiplin dan keteguhan dalam bekerja. "Ayah saya itu mantan tentara revolusi yang kemudian menjadi asisten wedana, tapi ketika pensiun beliau tidak meninggalkan apa-apa, kecuali anak-anaknya yang bersekolah," katanya.
 
Hatta juga mengatakan bahwa ayahnya berpesan agar dia selalu ingat untuk membantu sesama yang sedang kesusahan. Dia menuturkan, sejak dua tahun lalu ayahnya menderita alzheimer, bentuk umum dari demensia atau gangguan otak yang mempengaruhi kemampuan untuk melakukan aktivitas rutin harian.
 
"Beliau dua tahun yang lalu mengalami Alzheimer, ingatannya menurun. Waktu di RSPAD Gatot Subroto karena gagal pernafasan," kata Hatta.
 
Sejumlah pejabat Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II hadir menyampaikan ucapan bela sungkawa, antara lain Wakil Presiden Boediono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sjarief Hasan.
 
Wapres beserta istri, Herawati Boediono, tiba di rumah duka pukul 9.00 WIB. Sementara itu, Ibu Negara sekaligus besan Hatta Rajasa, Ani Yudhoyono, tiba di rumah duka pukul 10.00 WIB.
 
Sejumlah pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) seperti Sekjen Taufik kurniawan, Wasekjen Teguh Juwarno serta Bendahara Umum Jon Erizal juga berada di rumah duka sejak pagi.(DRA)

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

TANGSEL
Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Badan Pesawat Jatuh di BSD Tangsel Akan Dievakuasi KNKT

Minggu, 19 Mei 2024 | 21:33

Evakuasi badan pesawat latih yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024. akan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT).

HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill