Connect With Us

Mahasiswa Tangerang Ciptakan Inovasi Liburan Tanpa Perlu Lelah Berjalan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 26 Desember 2022 | 12:27

Ilustrasi wisata dengan teknologi VR yang diciptakan mahasiswa Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dosen dan sekelompok mahasiswa Universitas Pradita Tangerang membuat inovasi berwisata secara Virtual Reality (VR), setelah mendapat hibah Riset Keilmuan Skema Riset Desa dari LPDP dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dengan teknolohi VR tersebut, masyarakat dapat berpetualang di lokasi wisata dengan teknologi 4.0 yakni berupa kacamata khusus, yang memberikan pengalaman liburan berbeda seperti berkeliling tanpa harus berjalan.

Diketahui, penerapan teknologi VR tersebut sudah ada di beberapa lokasi di wilayah Serang dan juga Tangerang. Seperti di Desa Cikolelet, Serang, Banten.

Dengan berkolaborasi bersama Universitas Pradita melalui Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Program Studi Pariwisata, para mahasiswa menghadirkan lokasi wisata VR Desa Cikolelet.

Masyarakat akan diajak melihat tradisi Budaya salah satunya Ngurah Danau, Ekonomi Kreatif  seperti peternakan kambing ketawa, Kesenian Tradisional di antaranya marawis dan kesenian pencak silat.

Selain itu juga potensi alam yang ada di sana antara lain Curug Kembar dan destinasi alam lainnya.

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat mengatakan, dengan wisata cara terbaru ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke desa tersebut.

"Desa Cikolelet punya empat potensi wisata yang belum semuanya terekspose. Momen saat ini yang harus kita manfaatkan secara baik," ujarnya.

Selain itu, teknologi yang sama juga diterapkan di Kabupaten Tangerang yakni di wilayah Desa Wisata Ketapang, Kecamatan Mauk.

Pemerintah setempat menggunakan teknologi VR untuk menunjukkan lokasi menarik di sana seperti dilansir dari liputan6.com, Senin 26 Desember 2022.

"Ini upaya kita menjawab tantangan 4.0 di bidang pariwisata, dan juga memberikan pengalaman baru untuk berwisata, apalagi di libur akhir tahun in," ungkap Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Pramita Wahyu Tisno Atmojo, Sabtu 24 Desember 2022.

Teknologi VR ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali industri wisata yang sempat merosot saat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Motor Pegawai Toko Perlengkapan Bayi Raib Dicuri di Cisauk Tangerang

Minggu, 14 April 2024 | 10:23

Sepeda motor milik pegawai Toko Babysay Shok raib digondol maling, di depan Ruko Serpong Garden, Jalan Serpong Garden, Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 13 April 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill