Connect With Us

Tips Pangkas Tagihan Listrik dan Kenaikannya di Masa Depan

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 3 Juli 2023 | 09:00

Ilustrasi menghitung tagihan listrik rumah. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Rasanya sudah melakukan banyak usaha untuk menghemat energi, seperti menyalakan AC hanya di malam hari saja, mematikan lampu dan mencabut peralatan elektronik saat tidak digunakan, tetapi tagihan listrik hanya berkurang sedikit.

Masyarakat semakin dimudahkan dengan peralatan elektronik sehingga banyak aktivitas menjadi tergantung dengan listrik. Akibatnya, tagihan jarang berkurang, malah justru selalu naik.

Ada banyak cara untuk mengubah perilaku kita sehingga bisa menghemat tagihan listrik yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Simak tips berikut ini:

 

Manfaatkan Mode "Standby" pada Peralatan Elektronik

Kadang sambil melakukan hal lain, kita lupa mematikan peralatan elektronik yang sebelumnya sedang digunakan. Manfaatkan mode “standby” yang terdapat pada peralatan elektronik seperti televisi, komputer, atau peralatan rumah tangga lainnya, karena hanya mengkonsumsi daya listrik sedikit meskipun tidak sedang digunakan. 

 

Lakukan Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan yang baik pada peralatan elektronik dapat membantu mempertahankan efisiensi penggunaan energi. Bersihkan kipas pada komputer atau kulkas secara teratur agar dapat beroperasi dengan baik. Pembersihan dan perawatan yang rutin dapat membantu menghindari kebocoran energi yang tidak disadari.

 

Cek Kondisi Ventilasi Rumah

Isolasi yang baik pada rumah dapat membantu menjaga suhu tetap stabil, sehingga mengurangi kebutuhan penggunaan pemanas atau AC. Periksa kebocoran di sekitar jendela dan pintu, serta pastikan atap dan dinding memiliki ventilasi yang memadai.

 

Gunakan Panel Surya

Sistem panel surya memanfaatkan sinar radiasi matahari yang bisa langsung digunakan sebagai sumber energi di rumah kita. Selain hemat, penggunaan panel surya juga ramah lingkungan karena mengurangi emisi karbon.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan panel surya adalah dengan menggunakan alat elektronik di siang hari, ketika produksi energi dari panel surya mencapai puncaknya.

Kita tidak perlu khawatir menyalakan mesin cuci, AC, kompor listrik, atau mengisi daya kendaraan listrik pada siang hari.

Dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan sendiri oleh panel surya, Anda dapat mengurangi penggunaan listrik dari jaringan umum dan akhirnya menghemat biaya tagihan listrik bulanan.

 

6 Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasangan Sistem Panel Surya

1. Identifikasi area

Cari lokasi di rumah yang menerima paparan sinar matahari maksimal sepanjang hari. Biasanya atap rumah adalah tempat yang paling ideal untuk memasang panel surya.

Pastikan tidak ada rintangan seperti pohon atau bangunan yang dapat menutupi sinar matahari.

 

2. Periksa keandalan struktur atap dan bangunan

Pastikan struktur atap atau area pemasangan lainnya kuat dan mampu menahan beban panel surya kurang lebih 26 kg per panel.

 

3. Pastikan komponen sistem panel surya berkualitas

Hindari iming-iming sistem panel surya dengan harga yang sangat murah karena komponen yang digunakan biasanya bukan yang bergaransi dan handal.

Sedangkan, panel surya yang berkualitas tinggi cenderung lebih efisien dalam menghasilkan energi dan memiliki masa pakai yang lebih lama hingga lebih dari 25 tahun. 

 

4. Pertimbangkan opsi pemeliharaan

Panel surya biasanya memerlukan sedikit pemeliharaan rutin, seperti membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan panel.

Apabila kita khawatir dengan sistem dan cara pemeliharaannya, cari kontraktor yang menyediakan jasa pemeliharaan agar sistem dipelihara oleh teknisi yang terpercaya dan kita dapat menghubungi customer service kapan pun.

 

5. Perizinan dan regulasi

Pastikan Anda memahami proses perizinan terkait pemasangan sistem panel surya di daerah agar sistem dapat disetujui dengan tepat waktu dan dapat langsung digunakan setelah dipasang.

Namun Anda jika bisa menyerahkan proses ini kepada salah satu developer yang berkualitas di Indonesia, SUN Terra.

Hal ini akan mempercepat proses pemasangan panel surya dan memberikan kepastian hukum yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem panel surya dengan aman dan sesuai dengan regulasi.

 

6. Pilih developer dan kontraktor terpercaya 

SUN Terra, menyediakan jasa pemasangan mulai dari pembelian komponen berkualitas, perizinan, hingga pemeliharaan sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana proses instalasinya.

Selain itu, melalui aplikasi SUN Terra, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur monitor manajemen energi, seperti produksi daya listrik secara real-time, jumlah energi yang digunakan di rumah, agar kita dapat semakin mengoptimalkan penggunaan energi.

Tunggu apa lagi? Mulai gunakan sistem panel surya sebagai investasi cerdas untuk masa depanmu. Hemat uang, hemat energi, dan jadi bagian dari gerakan energi bersih terbarukan.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill