Connect With Us

Waspada! Beredar Aplikasi AI Bisa Ubah Foto Wanita Menjadi Bugil

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 26 Juli 2023 | 13:22

Ilustrasi hasil teknologi AI mengubah foto berbusana menjadi bugil (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Perkembangan teknologi yang amat pesat mulai mengkhawatirkan lantaran rentan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Salah satunya ialah kemunculan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu mengubah foto wanita berbusana menjadi telanjang bulat.

Konten kreator, Roy Shakti melalui video di akun TikTok pribadinya @Royshakti2 memperingatkan masyarakat, khususnya kaum wanita agar berhati-hati mengunggah foto-foto ke media sosial.

"Kabar buruk buat semua kaum wanita dan bisa jadi ini awal dari mimpi buruk. Karena mulai muncul sebuah aplikasi yang bisa membuat seseorang tampil bugil," ujarnya dikutip Rabu, 26 Juli 2023.

Roy menjelaskan, penggunaan dari aplikasi AI ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, hanya dengan memasukkan foto yang diubah ke aplikasi AI tersebut, maka tidak butuh waktu lama AI akan menampilkan versi bugil dari foto tersebut.

CEO dari Ritz Academy itu pun mencotohkan kemampuan dari aplikasi AI tersebut menggunakan foto miliknya sendiri. Hasilnya, foto Roy yang sedang berada di sebuah ruangan gimnasium dengan kaos singlet dan celana pendek berubah menjadi tubuh wanita tanpa busana.

Hal ini dikarenakan aplikasi AI tersebut hanya dapat membaca tubuh wanita, sehingga berpotensi menjadi modus kejahatan dan ancaman baru terhadap kaum wanita.

"Semua orang bisa membuat versi bugil dari diri Anda dalam waktu di bawah satu menit dan ini akan menjadi mimpi buruk. Ini bisa terjadi isengin foto istri Anda, foto anak Anda, foto teman Anda, foto Anda," imbuh Roy.

Baca Juga: Lagi Viral di TikTok, Cara Pakai Filter Ubah Wajah Jadi Karakter ala Lookism Webtoon 

Keberadaan dari aplikasi AI ini menurut Roy cukup mengkhawatirkan lantaran hasil perubahannya sangat halus, bahkan mendekati aslinya. 

"Bisa dibayangkan ya, bagaimana setiap wanita itu yang sudah menjaga kesopanannya kemudian bisa dibuat versi bugil," ucapnya.

Selain itu, teknologi yang mengubah foto menjadi bugil ini sangat mungkin digunaka oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk melakukan teror, pemerasan, maupun perundungan.

Baca Juga: Siap Jadi Saingan Berat ChatGPT, Begini Cara Menggunakan Google Bard 

"Ini juga udah mulai digunakan oleh debt collector pinjaman online (pinjol) dalam melakukan teror. Jadi, sangat berbahaya," katanya.

Unggahan video itu pun menuai tanggapan dari para warganet yang mempertanyakan kinerja dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait beredarnya teknologi AI tersebut.

"lalu kenapa teknologi ini dibiarkan oleh Kominfo. apakah tidak bisa dicegah," tulis akun @werafiqihidayatulloh.

"Sangat bermanfaat sekali informasi ini. Teknologi AI semakin tidak terkendali. Bijaklah dalam bersosial media," komentar akun @rindu_islami21.

"kenapa aplikasi ini dibiarkan oleh Kominfo," komentar akun @dina43199.

Sementara itu, beberapa warganet mengaku ikut menjadi korban dari teknologi aplikasi AI yang mengubah foto menjadi bugil tersebut.

"potoku bru aja dibuat kek gituu," tulis akun @awkwmssjn21ekwkw.

"ngeri sekali  ayolah kaum hawa yuk jaga diri . lindungi n sayangi diri kita," timpal akun @tunggara456.

PROPERTI
Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Hadirkan Perumahan Subsidi Berkualitas, MGK Serang Banten Sabet Penghargaan Duo Award 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 22:45

PT Infiniti Triniti Jaya, melalui Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) di Serang, Banten, meraih dua penghargaan properti bergengsi di Indonesia.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill