Connect With Us

Tokoh Cina Benteng Tangerang Diganjar Penghargaan dari Kemdikbudristek 

Fahrul Dwi Putra | Senin, 13 November 2023 | 16:36

Oey Tjin Eng, pengurus Klenteng Boen Tek Bio Pasar Lama (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2023 kepada tokoh Cina Benteng di Kota Tangerang.

Oey Tjin Eng, pengurus Klenteng Boen Tek Bio Pasar Lama Tangerang meraih penghargaan kategori pelestari untuk individu atas dedikasinya yang telah melestarikan tradisi dan budaya Cina Benteng.

"Terharu, karena sekian lama baru dapat apresiasi, terharu selama saya belajar itu tidak percuma dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah," ujar Oey Tjin Eng Senin, 13 November 2023.

Sebelumnya, Oey Tjin Eng telah mengirimkan profil yang berisikan kegiatannya sebagai pelestari Cina Benteng, serta sejarah ke Kemdikbudristek.

Pria yang sudah mengabdi selama 15 tahun sebagai pengurus di Klenteng Boen Tek Bio ini kerap menerima kunjungan dari kalangan akademisi seperti pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat yang ingin mengetahui sejarah dan Cina Benteng.

Terdapat kurang lebih 500 kunjungan mahasiswa baik dari jenjang S1 hingga S3 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada juga mahasiswa Indonesia yang sedang studi di kampus Tiongkok ambil penelitiannya tentang Cina Benteng," ungkapnya.

Menurutnya, keunikan budaya Tionghoa pada Cina Benteng menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa untuk menjadikannya obyek penelitian.

"Mereka (Cina Benteng) tidak bisa bahasa mandarin seperti saya tetapi budayanya tetap bertahan," katanya.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

SPORT
Nonton PLN Mobile Proliga 2024 Bisa Dapat Promo Diskon Tambah Daya Listrik, Begini Cara Beli Tiketnya 

Nonton PLN Mobile Proliga 2024 Bisa Dapat Promo Diskon Tambah Daya Listrik, Begini Cara Beli Tiketnya 

Kamis, 23 Mei 2024 | 15:28

Turnamen voli PLN Mobile Proliga semakin seru untuk diikuti. Terlebih, ditambah adanya promo diskon tambah daya listrik pada setiap pembelian tiket.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill