Connect With Us

Tidak Lolos PPDB, Simak Tips Memilih Sekolah Swasta yang Tepat

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 12 Juli 2023 | 09:16

Ilustrasi Siswa SMA (Istimewa / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah negeri tingkat SMA/SMK di provinsi Banten telah selesai diselenggarakan. 

Para siswa sudah dapat melihat hasil seleksinya kemarin, Selasa, 11 Juli 2023. Tentunya, dalam hal ini tidak seluruh siswa dinyatakan lolos.

Bagi yang dinyatakan tidak lolos dalam PPDB 2023/2024, mau tidak mau harus memilih sekolah swasta dengan berbagai pertimbangan. 

Namun, penting bagi para orangtua maupun siswa untuk memilih sekolah yang tepat dengan kualitas yang baik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu siswa dalam memilih sekolah swasta yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan seperti dilansir dari kanal YouTube Saung Edukasi, Rabu,12 Juli 2023.

1. Evaluasi Kualitas Guru

Salah satu faktor utama dalam menentukan kualitas sekolah adalah guru-gurunya. Perhatikan apakah guru-guru di sekolah tersebut kompeten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mendidik dan mengajar. 

Selain itu, penting juga untuk melihat apakah guru-guru tersebut mampu mentransfer ilmu pengetahuan dengan baik kepada siswa-siswi mereka yang memiliki karakteristik yang berbeda.

Pastikan juga bahwa guru-guru tersebut aktif dan tidak sering absen, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.q

2. Perhatikan Fasilitas Sekolah

Fasilitas yang disediakan oleh sekolah juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah swasta. 

Pastikan sekolah tersebut menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, dan lain sebagainya. 

Namun, ingatlah bahwa fasilitas yang baik saja tidak cukup jika kualitas guru tidak memadai. Jadi, pastikan kualitas guru dan fasilitas sekolah seimbang.

3. Pertimbangkan Jarak dan Biaya

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jarak dan biaya sekolah. Periksalah jarak sekolah tersebut dari rumah dan pertimbangkan apakah siswa siap untuk menempuh perjalanan yang jauh setiap harinya. 

Selain itu, perhatikan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di sekolah tersebut. Bisa jadi ada sekolah dengan kualitas yang sama, tetapi biayanya lebih terjangkau atau jaraknya lebih dekat. 

Pertimbangkan faktor ini dengan bijak sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.

4. Amati Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah juga memainkan peran penting dalam pengalaman pendidikan siswa. 

Perhatikan sistem keamanan yang diterapkan oleh sekolah, apakah ada kehadiran satpam atau sistem keamanan lainnya. 

Selain itu, perhatikan pula disiplin siswa di sekolah tersebut, apakah siswa diizinkan untuk keluar masuk secara bebas selama jam belajar. 

Amati juga pergaulan siswa di dalam dan di sekitar sekolah. Lingkungan yang kondusif dan aman dapat mempengaruhi kenyamanan belajar para siswa.

5. Evaluasi Kualitas Lulusan

Terakhir, penting untuk melihat kualitas lulusan dari sekolah swasta yang Anda pertimbangkan. 

Tanyakan kepada sekolah tentang persentase lulusan yang berhasil mendapatkan pekerjaan atau yang berhasil menjalankan usaha sendiri. 

Informasi ini dapat memberikan gambaran mengenai sejauh mana sekolah tersebut mampu menciptakan lulusan yang berkualitas dan sukses di dunia kerja.

Demikian artikel mengenai tips memilih sekolah swasta yang tepat. Pilihlah sekolah swasta dengn kualitas baik dan terjangkau, sehingga siswa dapat memanfaatkan semua fasilitas dan peluang yang tersedia dengan maksimal.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill