Connect With Us

20 Ribu Siswa Kota Tangerang yang Tidak Lolos PPDB SMP Bisa Manfaatkan Program Swasta Gratis

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 10 Juli 2023 | 15:42

Orangtua siswa mendaftarkan anaknya dalam PPDB Kota Tangerang tahun ajaran 2023/2024 (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com-Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Kota Tangerang yang dibuka sejak 26 Juni 2023 lalu, masing berlangsung hingga 12 Juli 2023.

Diketahui pada PPDB SMP Negeri tahun ini, dari 34 SMPN  di Kota Tangerang memiliki daya tampung 11 ribu kursi.

Sedangkan untuk jumlah lulusan dari SD diperkirakan diangka 31.037 siswa. Artinya ada sekitar 20.037 siswa bakal tidak lolos dalam seleksi.

"Dengan itu, bagi orang tua yang anaknya tidak keterima di negeri untuk tidak berkecil hati, tetap bisa manfaatkan program swasta gratis. Kualitas pendidikan negeri dan swasta di Kota Tangerang itu sama saja,” kata Jamaluddin, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, usai meninjau di SMPN 1 Kota tangerang, Senin 10 Juli 2023. 

Menurutnya, dalam pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2023/2024, Pemkot Tangerang telah berupaya semaksimal mungkin.

Mulai dari sistem pelaksanaanya, jalur-jalur yang berupaya mengakomodir seluruh kategori siswa, hingga solusi jika dinyatakan tidak lolos pada PPDB Negeri.

"Yaitu, adanya 73 SMP swasta gratis yang dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Kota Tangerang," ujar Jamal.

Sejauh ini, mulai dari pelaksanaan PPDB tingkat SD sampai SMP,  berlangsung dengan lancar. Hambatan yang terjadi tergolong sangat minim, hanya satu dua orangtua saja yang sekiranya masih kebingungan dengan tata cara pelaksanaan.

"Tapi itu hanya satu dua orangtua saja, selebihnya lancar baik pelaksanaan onlinenya, informasi yang tersampaikan hingga pelayanannya semua lancar,” papar Jamal.

Saat ini, PPDB SMP Negeri di Kota Tangerang masih akan berlangsung. Dalam tahapan jalur prestasi ini, Dindik Kota Tangerang akan membuka tahap dua pada jalur prestasi nilai rapor dalam kota pada 13 -14 Juli besok.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill