Connect With Us

5 Ide Proker KKN Sederhana Tapi Bermanfaat

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 27 Juli 2023 | 12:13

Kegiatan Pelepasan Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Muhammadiyah Tangerang, di Gor Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-  KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengaplikasian ilmu pengetahuan di masyarakat. 

Dalam program ini, mahasiswa akan menyusun dan melaksanakan berbagai program untuk mengembangkan desa dan masyarakat, serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial setempat. Durasi KKN biasanya berlangsung kurang lebih satu atau dua bulan, tergantung kebijakan kampus masing-masing.

Berikut adalah beberapa ide program kerja yang bisa menjadi referensi bagi kalian dalam melaksanakan KKN dikutip dari kanal YouTube Kampus Indonesia, Kamis, 27 Juli 2023:

1. Belajar di Sekolah

Salah satu hal yang umum dilakukan dalam KKN adalah membantu belajar di berbagai sekolah. Program ini sangat bermanfaat karena kondisi sekolah di lokasi KKN seringkali belum optimal, bahkan beberapa di antaranya masih kekurangan tenaga pengajar. 

Dengan membantu mengajar di sekolah-sekolah tersebut, kalian akan memberikan dampak positif bagi murid dan guru di wilayah tersebut. Bagi kalian yang berjurusan pendidikan, program ini tentunya menjadi pilihan yang tepat.

2. Penghijauan atau Tanam Bersama

Tidak semua lokasi KKN memiliki suasana asri dan pepohonan yang melimpah. Oleh karena itu, program penghijauan atau tanam bersama dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Kalian bisa melakukan penanaman pohon secara simbolis di tanah milik desa atau warga setempat agar dapat dilihat oleh masyarakat sekitar.

3. Program Kesehatan

Jika ada anggota tim KKN yang berasal dari jurusan yang berhubungan dengan kesehatan, penyelenggaraan program kesehatan dapat menjadi opsi yang menarik. Beberapa program yang bisa dijalankan adalah penyelenggaraan vaksinasi, imunisasi, atau pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kerjasama dengan bidan desa, Puskesmas, atau rumah sakit di sekitar lokasi KKN bisa membantu pelaksanaan program ini.

4. Sosialisasi dan Pelatihan

Program sosialisasi dan penyuluhan merupakan pilihan lain yang umum diselenggarakan selama KKN. Program ini dapat diterapkan oleh berbagai disiplin ilmu. Misalnya, anak jurusan ilmu komunikasi dan sastra bisa memberikan sosialisasi mengenai etika berbahasa di internet atau pemaparan materi seputar hoaks. 

Begitu pula dengan jurusan akuntansi, perpajakan, atau pertanian, kalian bisa memberikan sosialisasi dan pelatihan yang sesuai dengan keahlian masing-masing.

5. Ikut Kegiatan Sosial di Masyarakat

Selain menyusun program berdasarkan disiplin ilmu masing-masing, jangan lupa bahwa KKN adalah bentuk pengabdian masyarakat. Kalian diharapkan dapat terlibat langsung dalam kegiatan sosial yang ada di masyarakat, seperti rapat atau pertemuan warga, kegiatan ibu-ibu PKK, dan lain sebagainya.

Pengalaman berharga yang didapat dari interaksi langsung dengan masyarakat ini akan sangat berarti bagi kalian saat terjun ke dalam dunia nyata.

Demikian kelima ide program kerja di atas bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk proker KKN yang akan dijalankan. Semoga bermanfaat dan selamat berkontribusi dan mengabdi kepada masyarakat!

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill