Connect With Us

GMF : Pemotongan Boeing 737-300 Tanpa Izin

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 13 Oktober 2014 | 18:15

Dwi Prasmono Adji (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Bandara Soekarno Hatta mengaku tidak mengeluarkan izin kepada CV Wirasjaya untuk melakukan pemotongan pesawat  pada Minggu (12/10) kemarin.
 
“Hari itu tidak ada jadwal pemotongan, karena sesuai prosedur, pemotongan tidak boleh dilakukan saat hari libur kerja. Informasi yang diterima GMF, hari itu personel Wirasjaya hanya membongkar barang interior pesawat,” kata Vice President Corporate Secretary GMF Dwi Prasmono Adji, Senin (13/10).
 
Namun ternyata, pemotongan tetap dilakukan, hingga terjadilah insiden ledakan hingga menyebabkan satu pekerja Wirasjaya tewas dan satu kritis.
“Jadi pihak Wirasjaya ini curi start. Kita tidak beri izin, tapi ada pemotongan, ini di luar sepengetahuan kami,” tegas Adji.
Sementara mengenai dugaan adanya bahan Avtur yang menjadi pemicu ledakan pesawat, menurut Adji pesawat-pesawat bekas yang akan dipotong seharusnya sudah tidak ada lagi Avturnya. Namun kemungkinan adanya sisa-sisa Avtur bisa saja terjadi.
 
“Karena itu kita selalu sampaikan SOP kepada pihak-pihak yang melakukan kegiatan di GMF. Misalnya untuk memotong harus dipastikan sisa bahan bakar tidak ada, harus sudah kosong, kalau perlu diguyur dengan air untuk memastikan semua larut.  ,” jelasnya.
 
Ditanya terkait sanksi yang akan diberikan pihak Wirasjaya, Adjie menggatakan pihaknya akan melakukan investigasi terlebih dahulu baik secara internal maupun eksternal dengan pihak-pihak terkait seperti PT Angkasa Pura III atau Otoritas Bandara. Mengingat kejadian tersebut sudah terjadi yang kedua kalinya, pihaknya tentu akan memperketat pengawasan dan prosedur.”
 
“Kita lihat hasil investigasinya, tapi semangat kami memperbaiki sistem prosedur, apakah masih ada yang kekurangan. Kalau CV itu nantinya memenuhi kriteria yang kami tetapkan, boleh saja melakuakn pemotongan tapi akan kami awasi ketat. Tapi kalau kesalahannya fatal tidak menutup kemungkinan diclosed, tidak boleh lagi lakukan kegiatan di sini,” pungkasnya.
 
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

KOTA TANGERANG
Langganan Runner-up, Kota Tangerang Targetkan Juara di POPDA XI Banten

Langganan Runner-up, Kota Tangerang Targetkan Juara di POPDA XI Banten

Kamis, 2 Mei 2024 | 16:08

Kota Tangerang menargetkan untuk meraih juara umum dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang diselenggarakan pada 8 Juni 2024 mendatang.

BANTEN
May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

May Day, Pj Gubernur Banten Mancing Bareng Buruh di Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:47

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, dengan mancing bersama buruh Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 1 Mei 2024.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill