Connect With Us

Komplotan Penipu di Bandara Soetta Digulung

Denny Bagus Irawan | Jumat, 16 Januari 2015 | 14:48

Dua Pelaku Penipuan berhasil Ditangkap Polres Bandara Soekarno-Hatta (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-Petugas Polres Bandara Soekarno-Hatta berhasil menangkap komplotan penipu dengan mengatasnamakan pejabat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta digulung, Jumat (16/1). 
 
Dari empat pelaku, petugas akhirnya berhasil menangkap dua pelaku. Dalam aksinya, jaringan ini berhasil mengantongi ratusan juta rupiah.
 
Kedua pelaku masing-masing berinisial AD warga Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan dan AN warga Bekasi, Jawa Barat.
 
AD bertugas sebagai eksekutor atau yang menghubungi korbannya via telepon. Sedangkan AN bertugas sebagai perantara dengan pemilik rekening bank.  
 
Kasat Reskrim Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Azhari Kurniawan mengatakan, jaringan penipu tersebut telah meresahkan sejumlah instansi di Bandara Soekarno-Hatta,  bahkan sejumlah daerah lain. Sebab, dalam aksinya mereka telah melakukan pendataan terlebih dahulu terhadap calon korban. 
 
"Kalau di sini (Bandara) dia menipu sebuah perusahaan besar PT GAA dengan korban berinisial AF. Pelaku mengaku pejabat, meminta uang,  lalu uangnya ditransfer. Sekali dua kali berhasil, saat meminta jumlah lebih besar, baru korban AF curiga," kata Kasat. 
 
Sebenarnya, kata Azhari, pelaku lebih dulu melakukan aksinya di luar Bandara, seperti Banyuwangi, Pemalang, Makasar, Lampung, Jambi dan Kalimantan.
 
Pelaku mengaku kepada korbannya sebagai pejabat, seperti dari pihak kepolisian, jaksa, dan pejabat di kementerian. Sebelum menghubungi korbannya, pelaku telebih dahulu melakukan pendataan. 
 
"Seperti kebiasaan korban, mencari kasus korban dengan cara browsing di media, dan mencari nomor telepon korban. Mereka punya semacam "buku pintar" yang isinya sejumlah nomor telepon pejabat, bahkan PPATK juga ada," terangnya. 
 
Korban terakhir di Bandara Soekarno-Hatta juga merupakan seorang pejabat yang dicatut namanya untuk menipu pemenang tender.
 
"Itu yang terakhir jaringan ini dapat Rp57 juta. Kalau total sudah ratusan juta," terang Kasat. 
 
Jaringan ini, kata Kasat,  menggunakan metode jaringan terputus. Ada kelomplok pencari data, kelompok eksekutor dan terakhir kelompok pemilik rekening bank yang memiliki rekening lebih dari 10 nomor. Pelaku juga langsung menguras uangnya setelah korban mengirim ke rekening yang sudah diberikan pelaku kepada korban.
 
“Mereka pintar, karena ada batas harian dalam pengambilan uang. Sehingga mereka sebar juga ke sejumlah rekening agar bisa mengurasnya langsung untuk dibagi hasil,” tutur Azhari.

Adapun barang bukti atas kasus tersebut, petugas berhasil menyita “buku pintar”, lima ponsel, klipingan berita, buku rekening bank dan  setoran tunai bank. 
 
SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill