Connect With Us

Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Diaktifkan Kembali 1 April 2022

Tim TangerangNews.com | Kamis, 31 Maret 2022 | 11:06

Suasana Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (@TangerangNews / AP II)

TANGERANGNEWS.com-Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta akan diaktifkan kembali oleh PT Angkasa Pura II (Persero) untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat mulai 1 April 2022.

“Pada sebelumnya dilakukan pembatasan operasional dan penonaktifan Terminal 1 sejak 2020 seiring dengan penyesuaian operasional Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi Covid-19,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Rabu 30 Maret 2022.

Awaluddin mengatakan, AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Pada bulan lalu, kata Awaluddin, Sub Terminal 1A sudah mulai diaktifkan hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) untuk sejumlah penerbangan domestik. 

“Mulai 1 April 2022, Sub Terminal 1A secara penuh akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik,” jelas Awaluddin.

Lebih lanjut dia menyebutkan maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1A mulai 1 April 2022 adalah Airfast, kemudian diikuti dengan Super Air Jet mulai 6 April, lalu Sriwijaya Air Group mulai 12 April, dan AirAsia Indonesia juga mulai 12 April.

Menurut Awaluddin, saat ini Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, dan AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022,” ujarnya.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat guna tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik sejalan dengan tren lalu lintas penerbangan yang ada.

“Saat ini AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan,” terangnya.

Menurut Agus, tren lalu lintas penerbangan yang meningkat saat ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan.

Ia menambahkan, pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022. “Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam,” jelasnya.

Sejalan dengan aktifnya Terminal 1 per 1 April 2022, maka keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dilayani 3 terminal yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

KAB. TANGERANG
Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jangan Abai, Dokter Tangerang Jelaskan Krusialnya Penanganan 60 Menit Pertama Serangan Jantung 

Jumat, 14 Juni 2024 | 19:29

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, terutama di kalangan usia produktif.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill