Connect With Us

Bandara Soekarno-Hatta Mulai Aktifkan Posko Terpadu Lebaran 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 4 April 2024 | 08:22

Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran 2024 di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 3 April 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Posko terpadu pengamanan dan pelayanan penumpang penerbangan mudik Lebaran 2024 mulai diaktifkan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

EGM KCU PT Angkasa Pura (AP) II Dwi Ananda Wicaksana menjelaskan posko terpadu diaktifkan di Terminal 1B per tanggal 03 April atau H-7 sebelum perayaan Idul Fitri, hingga sampai 18 April atau H+7 lebaran 2024.

"Pengaktifan posko ini, dimaksudkan untuk menjaga aspek keamanan dan pelayanan bagi para penumpang," katanya, Rabu 3 April 2024.

Menurutnya, di dalam posko mudik lebaran itu telah dilengkapi beberapa display atau monitor CCTV yang bisa menampilkan area check in, lalulintas kendaraan, kedatangan dan keberangkatan penumpang.

Kemudian dilengkapi juga dengan jadwal penerbangan dan prediksi trafic, baik penerbangan maupun penumpang.

"Kita ada tayangan cuaca dan tayangan pergerakan pesawat melalui aplikasi yang berbasis flight radar," ujar Dwi Ananda.

Ia menuturkan, untuk jumlah petugas secara total yang disiagakan kurang lebih sekitar 7.000 petugas pengamanan dari Bandara Soetta, termasuk bawah kendali operasi (BKO) TNI/Polri.

"Nanti tambahannya adalah personil administrasi yang juga kita tempatkan untuk membantu di pos-pos atau point-point tertentu," terang Dwi Ananda.

Sementara kondisi jumlah penumpang masa mudik lebaran melalui Bandara Internasional Soetta diprediksi terjadi lonjakan pada H-4 atau Sabtu, 6 April 2024.

Untuk pergerakan pesawat sebanyak 1.200 dan pergerakan penumpang mencapai 188.000 orang.

"Hari ini sebenarnya sudah ada cukup kenaikan, meskipun belum terlalu signifikan, dengan jumlah 987 penerbangan dan 130 ribu penumpang," ungkapnya.

Adapun ekstra flight internasional saat ini ada 74 penerbangan. Sedangkan untuk domestik ekstra flight-nya sudah ada sekitar 1.473 penerbangan. 

"Arus puncak dibanding tahun lalu lebih tinggi atau 17,5 persen. Arus balik perkiraan terjadi 15 April 2024 atau H+4 dengan jumlah penumpang kurang lebih 192 ribu, artinya 24 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu," kata Dwi Ananda 

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

KOTA TANGERANG
GrandMax Tabrak Truk Lagi Parkir di Cibodas Tangerang, Pengemudi Tewas

GrandMax Tabrak Truk Lagi Parkir di Cibodas Tangerang, Pengemudi Tewas

Selasa, 25 Juni 2024 | 20:35

Satu unit minibus Daihatsu GrandMax menabrak dump truk yang tengah parkir di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Cibodas, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Selasa 25 Juni 2024. Akibatnya pemudi mobil tewas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill