Connect With Us

Warga Sekitar Bandara Demo Angkasa Pura II

| Kamis, 1 November 2012 | 16:05

Warga Sekitar Bandara Demo Angkasa Pura II ( / )

Reporter : Rangga A Zuliansyah

TANGERANG-Puluhan warga sekitar Bandara Soekarno Hatta yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pinggir Bandara (AMPB) melakukan aksi demo di perempatan pintu M1, Kamis (01/11). Warga memprotes PT Angkasa Pura (AP) II, pengelolan Bandara, karena kurang perduli dengan mereka.

Dalam orasinya, mereka menilai Bandara Soekarno Hatta sejak berdiri pada 1 Maret 1985, tidak berdampak positif bagi masyarakat yang tinggal disekitarnya. Kondisi masyarakat sekitar yang kumuh dan berada dibawah garis kemiskinan bertolàk belakang dengan kemegahan Bandara.

"Dana CSR pertahun mencapai Rp 40 milyar, tapi pemanfaatan tidak tepat sasaran dan tidak menyentuh kalangan kelas bawah. Dana tersebut malah diberikan kepada para pengusaha yang punya modal puluhan juta," ujar koordinator aksi Dulamin Zigo.

Selain itu, Bandara juga kurang memberi kesempatan kepada masyarakat disekitarnya untuk bekerja didalamnya sesuai bidang dan kemampuan masing-masing. "Yang bekerja di bandara kebanyakan orang dari luar daerah. Kalau ada yang mau bekerja harus menyetorkan uang minimal Rp 2 juta kepada oknum di bandara, baik itu untuk profesi porter, petugas parkir atau keamanan," tegas Dulamin.

Dengan demikian, puluhan warga di sekitar bandara dari lima Kecamatan seperti Kosambi, Teluk Naga, Neglasari, Batu Ceper dan Benda, menuntut PT AP II, mengadakan bedah rumah warga yang tak layak huni. Memberikan dana CSR kepada para pedagang kecil berupa hibah, bukan dalam bentuk pinjaman.

"Selain itu berikan kesempatan bekerja di Bandara Soekarno Hatta sesuai bidang dan kemampuan masing-masing. Apabila tuntutan kami tidak ditanggapi, kami akan melakukan aksi dengan masa yang lebih banyak," tukasnya.

Deputi Senior Manager AP II Bram Bharoto membantah pihaknya tidak memperhatikan masyarakat sekitar bandara, setiap tahunnya AP II menggelontorkan dana puluhan rupiah untuk CSR. Dirinya juga menyayangkan aksi demo tersebut. "Apa gunanya demo, lebih baik bicara dan komunikasikan dengan kami baik-baik. Kami akan terbuka, apalagi itu untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada warga menggunakan fasilitas gedung AP II, sehingga masalah yang ada bisa diselesaikan. "Silahkan sampaikan aspirasi atau keluhan di gedung sentra komunikasi masyarakat," ujar Bram.
SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TANGSEL
Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Belum Ada Lawan, Benyamin Siap Lawan Kotak Kosong di Pilkada Tangsel

Rabu, 1 Mei 2024 | 12:08

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel tahun 2024, tinggal menghitung beberapa bulan lagi. Namun sejauh ini, belum tampak ada tanda-tanda kandidat penantang sang petahana, Benyamin Davnie.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill