Connect With Us

Kepala BNP2TKI Bantah Persulit Kepulangan TKI

| Minggu, 27 Januari 2013 | 19:15

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat ( / )

TANGERANG-Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat membantah pihaknya mempersulit kepulangan TKI mandiri di Bandara Soekarno Hatta. Hal itu disampaikannya terkait insiden tiga TKI asal Indramayu yang diduga dipaksa melapor oleh petugas BNP2TKI, pada Jumat (25/1) malam.
 
“Itu cuma kesalah pahaman saja, kita tidak memaksa. Dalam Permenakertrans No 16/2012, disebutkan bahwa TKI wajib didata, untuk mengetahui ada keluhan atau akit apa. Kalau pun tidak mau didata yah kita tidak memaksa,” kata Jumhur, Minggu (27/1).
 
Jumhur menambahkan, meski dalam peraturan tersebut, TKI bisa pulang sendiri, namun terlebih dahulu harus melapor pada KBRI atau KJRI, setelah sampai di Bandara kemudian didata. “Tapi tenyata kenyataan di lapangan, masih ada TKI yang tidak mau didata. Kita sudah sampaikan kepada Kemenakertrans dan hal itu bisa dipahami,” paparnya.
 
Sebelumnya, seorang petugas BNP2TKI bernama Alex diduga memaksa tiga TKI dari Taiwan untuk membuat laporan. Padahal, TKI seharusnya bisa langsung pulang secara mandiri lewat Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta.
 
Ketiga TKI tersebut lalu ditolong seorang Financial Planner, Ligwina Hananto. Dia berteriak memerintahkan para TKI langsung pulang tanpa harus melapor. Insiden  mencuri perhatian banyak orang di Bandara dan menjadi pembahasan serius di jejaring sosial.(RAZ) 
NASIONAL
Sistem Kelas BPJS Kesehatan Dihapus pada 2025, Berapa Jumlah Iurannya?

Sistem Kelas BPJS Kesehatan Dihapus pada 2025, Berapa Jumlah Iurannya?

Selasa, 14 Mei 2024 | 09:47

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) resmi menghapus sistem kelas 1,2,dan 3 dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

OPINI
Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Sabtu, 11 Mei 2024 | 15:16

Terbiasa oleh ketakutan dan dijauhkan oleh rasa aman adalah gambaran khas kehidupan kita hari ini. Padahal merasa aman adalah hak setiap individu sebagai warga negara.

MANCANEGARA
Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Terima Transplatasi Ginjal Babi, Pria Ini Malah Dinyatakan Meninggal 

Selasa, 14 Mei 2024 | 11:45

Nasib tragis dialami Rick Slayman, 62, pria asal Weymouth, Massachusetts, Amerika Serikat dinyatakan meninggal dunia Sabtu, 11 Mei 2024, lalu, setelah belum lama menjalani operasi transplantasi ginjal babi.

TANGSEL
Mayat Terbungkus Sarung di Pamulang Tangsel Dibunuh Keponakan Gegara Sakit Hati

Mayat Terbungkus Sarung di Pamulang Tangsel Dibunuh Keponakan Gegara Sakit Hati

Senin, 13 Mei 2024 | 20:30

Polisi telah menangkap pelaku pembunuh pemilik warung Madura berinisial AH, 31, yang mayatnya dibuang terbungkus sarung di Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Sabtu 11 Mei 2024, lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill