Connect With Us

Ada Gerhana Matahari di Wilayah Banten Saat Ramadan 2023, Catat Tanggalnya

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 7 April 2023 | 09:26

Ilustrasi gerhana matahari (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Penghujung bulan Ramadan tahun ini bakal ada fenomena gerhana Matahari hibrida pada, Kamis 20 April 2023.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gerhana Matahari hibrida merupakan fenomenaa alam yang terjadi jika Matahari, Bulan, dan Bumi berada tepat segaris.

Fenomena gerhana Matahari hibrida dapat disaksikan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Banten meliputi Tangerang dan sekitarnya.

Melansir dari detik.com, wujud dari gerhana Matahari hibrida merupakan gabungan dari gerhana Matahari total dan gerhana Matahari sebagian.

Sehingga Matahari akan terlihat seperti cincin yang gelap pada bagian tengah di sejumlah wilayah, sementara di tempat lain akan tampak tertutupi penuh oleh bulan.

Adapun di provinsi Banten, gerhana Matahari hibrida dapat disaksikan pada pukul 9.28 WIB dengan magnitudo gerhana tertentu.

Sementara itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menanggapi perihal gerhana Matahari hibrida tersebut dengan akan menggelar sejumlah eksperimen.

"BRIN akan melakukan 3 eksperimen kecil. Pertama perekaman fenomena gerhana. Kedua menghitung perubahan laut dari terang menjadi gelap dan sebaliknya, Ketiga berkaitan dengan TNI AL, " ujar Kepala Pusat Riset Antariksa BRIN Emanuel Sungging Mumpuni seperti dikutip dari okezone.com, Jumat 7 April 2023.

Menurutnya, eksperimen tersebut bergunan untuk menguji mekanisme komunikasi TNI Angkatan Laut ketika tengah terjadi gerhana.

"Kami mencoba melihat perubahan dinamika ionosfer. Kenapa menjadi penting? karena berhubungan pada komunikasi AL. Apakah (gerhana) mengganggu," katanya.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill