Connect With Us

Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Diprediksi Sebanyak 123 Juta Orang, Jokowi: Hati-hati

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 12 April 2023 | 09:08

Ilustrasi kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Jumlah pemudik lebaran 2023 diprediksi mengalami lonjakan cukup tinggi dibanding tahun lalu, yakni kurang lebih sebanyak 45 persen.

Hal itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan peninjauan guna mempersiapkan moda transportasi lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa 11 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta pihak-pihak terkait terutama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengantisipasi lonjakan besar arus mudik dan balik tahun ini.  

"Hati-hati, tahun ini ada lompatan yang besar dengan jumlah masyarakat yang mudik. Dari 86 juta, ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik. Saya tidak ingin kejadian tahun lalu kembali terjadi pada tahun ini," ujarnya.

Menurut Jokowi, program seperti menambah pelabuhan, yakni Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya (BBJ) serta memisahkan jenis kendaraan untuk masuk ke pelabuhan dengan aturan berupa Pelabuhan Merak khusus mobil dan bus, sementara Pelabuhan Ciwandan khusus sepeda motor dan angkutan barang merupakan langkah yang baik.

“Sehingga kapasitas di pelabuhan bisa meningkat dari 34 ribu kendaraan per hari menjadi 49 ribu kendaran per hari,” katanya.

Jokowi mengimbau agar para pemudik harus mempersiapkan tiket terlebih dahulu yang dapat dibeli secara daring minimal satu hari sebelum keberangkatan jika hendak masuk ke Pelabuhan Merak.

“Tahun lalu sangat mengganggu (kelancaran) yang belum pegang tiket. Jadi sekarang semuanya harus sudah pegang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak,” katanya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, program pemisahan kendaraan dan pembelian tiket secara daring tersebut bertujuan untuk memastikan stabilitas antara kapasitas dan volume kendaraan atau Volume to Capacity (V/C Ratio).

"Tujuannya untuk mengendalikan kepadatan, sehingga harapan kita kemacetan seperti tahun lalu dapat dihindari," tukasnya.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill