Connect With Us

BMKG Sebut Februari Masih Berpotensi Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 29 Januari 2024 | 20:03

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Tangerang (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah )

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi hujan berintensitas ringan hingga sedang masih terjadi pada Februari 2024.

Seperti diketahui, pada 28 Februari 2024 sekira pukul 07.00 WIB hujan berintensitas tinggi terjadi di beberapa wilayah, termasuk Banten dengan 118 mm.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, potensi hujan terjadi pada periode awal Februari 2024, yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya ialah aktivitas Monsun Asia serta potensi seruakan dingin yang berpengaruh pada peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

"Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah juga memicu pembentukan awan hujan," jelas Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Senin, 29 Januari 2024.

Selain itu, terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator juga memicu dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Guswanto menuturkan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Banten dan sekitarnya pada periode 29 Januari hingga 01 Februari 2024.

Potensi hujan itu termasuk mencakup wilayah Jabodetabek.

Sementara untuk periode 2 hingga 4 Februari 2024 secara umum cuaca di wilayah Jabodetabek berawan hingga hujan ringan.

"Namun, perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah seperti sebagian Tangerang, Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu," tambah Guswanto.

Lebih lanjut, Guswanto mengimbau agar masyarakat dan instansi terkait mewaspadai hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang selama sepekan ke depan.

"Waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," pungkasnya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill