Connect With Us

Jembatan Selat Sunda Aman dari Anak Karakatau

| Selasa, 27 November 2012 | 18:18

Jembatan Suramadu (ist / ist)

SERANG-Jembatan Selat Sunda (JSS) sebagai penghubung Pulau Jawa dan Sumatera akan aman dari ancaman letusan Gunung Anak Krakatau (GAK). Diprediksi, letusan dahsyat seperti Induk Gunung Anak Krakatau (Gunung Krakatau) yang terjadi pada 1883 baru akan terulang 400 tahun mendatang.  

Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, R Sukhyar mengatakan, dari segala aspek bencana alam baik itu letusan gunung berapi dari Gunung Anak Krakatau, Tsunami, gempa dan lainnya, Jembatan JSS masih aman.
 
“Letusan dahsyat seperti Gunung Krakatau yang terjadi pada 1883 baru akan terulang 400 tahun mendatang," kata R Sukhyar  usai menghadiri Lokakarya Pertimbangan Geologi untuk Pembangunan JSS, di Kota Serang, Selasa (27/11).
 
Konsultan JSS Wiratman Wangsadinata mengatakan, walau letak JSS dari GAK hanya 50 kilometer, dan terjadi letusan, maka tetap akan aman baik bagi fisik jembatan maupun kendaraan yang ada melintasi jembatan ini. "Aman, kita sudah lakukan simulasi bencana dan hasilnya tetap aman,” terang Wangsadinata.  
 
Yang paling mengkhawatirkan dari jembatan itu, kata Wangsadinata, adalah dampak besarnya angin yang bisa menyebabkan jembatan goyang dan ambruk.
 “Namun, hal itu bisa diatasi dengan memperberat dek agar tidak goyang," ujarnya. Bahkan Wiratman juga mengaku sudah melakukan simulasi gempa dengan kekuatan 9,2 skala richter.

Dengan gempa kekuatan paling besar saat ini, hasilnya tetap aman. “Kedepannya kami juga akan melakukan simulasi bencana lebih dahsyat lagi, ini agar mengantisipasi siapa tahu ada yang terlewatkan dalam pengujian dan studinya," tegas Wiratman.
 
HIBURAN
Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jadwal MPL ID Season 13 Minggu ke-9, Nyawa Terakhir RRQ untuk Lolos Playoff

Jumat, 17 Mei 2024 | 11:31

MLBB Profesional League (MPL) Indonesia season 13 telah memasuki Minggu ke-9.

TANGSEL
Sebelum Jatuh, Pesawat Latih Sempat Berputar 3 Kali di Sunburst BSD Tangsel

Sebelum Jatuh, Pesawat Latih Sempat Berputar 3 Kali di Sunburst BSD Tangsel

Minggu, 19 Mei 2024 | 16:21

Pesawat latih jenis capung sempat berputar tiga kali, sebelum akhirnya jatuh di kawasan Sunburst BSD, Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 19 Mei 2024, siang.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill