Connect With Us

9 Ide Usaha di Bulan Suci Ramadhan yang Menguntungkan dan Wajib di Coba

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 6 April 2022 | 11:10

9 Ide Usaha di Bulan Suci Ramadhan yang Mengungkan dan Wajib di Coba (@TangerangNews / google)

TANGERANGNEWS.COM-Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, di bulan suci ini identik dengan pola konsumsi Masyarakat meningkat.

Bulan suci Ramadhan ini pun di jadikan peluang oleh Masyarakat untuk membuka usaha dadakan. Bagi anda yang juga ingin memanfaatkan bulan Ramadhan untuk mendapat cuan dan masih bingung ingin membuka usaha apa, simak berikut ini beberpa ide usaha di bulan Suci Ramadhan.

1. Kue kering

Kue kering seperti Nastar atau Putri Salju sebagai salah satu jenis usaha cocok di bulan Ramadhan. Usaha ini sangat cocok bagi anda yang pubya hobi membuat kue dan bagi anda yang belum bisa membuatnya, bisa terlebih dahulu untuk membuat kue sebelum hari lebaran tiba dan untuk penjualannya anda bisa menawarkan kepada keluarga, teman, rekan kerja atau jual melalui online shop.

2. Takjil buka puasa

Waktu berbuka puasa tentu jadi bagian yang dinantikan, Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar biasanya adalah hidangan yang sering orang beli untuk berbuka puasa.

Bisa memulai menjual takjil dan minuman segar di halaman rumah, di pinggir jalan, atau Anda juga bisa bawa ke tempat kerja Anda untuk ditawarkan ke teman kerja Anda. Dengan menjual takjil, Anda tidak hanya menambah penghasilan, tetapi juga akan membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya.

Apalagi untuk membuka usaha ini tidak memerlukan modal besar, cukup dengan modal 300 ribu saja sudah bisa memulai usaha ini.

3. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang berbondong-bondong menjalankan ibadah untuk menambah pahala. Nah, untuk menjalankan ibadah tentunya membutuhkan perlengkapan ibadah.

Peralatan-peralatan ibadah yang dapat Anda jual misalnya tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis selama bulan puasa Ramadan 2022.

4. Jual Baju Muslim

Tidak dapat dipungkiri, salah satu usaha yang menguntungkan selama bulan Ramadan yang bisa Anda coba salah satunya yaitu menjual pakaian muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan baik pria dan wanita menggunakan baju muslim dan tertutup dalam kesehariannya.

Untuk memulai usahanya, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan hanya dengan modal kecil bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller.

5. Jasa Rental Mobil

Saat hari Lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, faktanya tidak semua orang memiliki mobil pribadi, tetapi malas juga menggunakan kendaraan umum.

Nah, mereka biasanya lebih memilih untuk menyewa mobil untuk mudik. Jika Anda ingin menjalankan usaha rental mobil, untuk itu pastikan melakukan hal-hal berikut ini.

- Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak.

- Memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan.

- Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa.

- Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil.

6. Jasa Penukaran Uang

Menjelang lebaran jasa penukaran uang sangat diburu oleh masyarakat. Banyak orang ingin menukar uang nominal besar ke nominal kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 untuk dibagikan ke sanak saudara di kampung.

7. Jasa Custom Amplop

Uang Tunjangan Hari Raya (THR) rasanya kurang lengkap jika tidak dimasukkan ke dalam amplop. Agar lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, Anda juga bisa menawarkan amplop custom yang dapat disesuaikan dengan nama penerima THR.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat Amplop yang memungkinkan pemberi THR bisa menuliskan pesan personalnya pada amplop tersebut. Jadi, hal ini bisa jauh lebih menarik dan berkesan.

8. Katering Makanan

Saat bulan puasa, ada sebagian orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka maupun sahur. Dengan mengambil peluang ini, Anda bisa mencoba untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadan.

Anda bisa menawarkannya kepada anak kost atau ibu pekerja karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak karena kesibukannya. Sebelumnya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Buat pilihan paket katering, seperti katering mingguan atau bulanan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pelanggan.

9. Parsel

Selain membuat kue kering, Anda juga bisa membuat jasa pembuatan parsel yang tentunya akan sangat menguntungkan saat menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering bikinan Anda, aneka macam makanan ringan, dan biskuit yang ada di pasaran, hingga sembako (sembilan bahan pokok).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill