Connect With Us

Mega Proyek PLTU Banten 3 Dikebut

| Selasa, 10 November 2009 | 13:57

Tampak sejumlah fasilitas di PLTU 3, di Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang saat dibakar massa beberapa waktu lalu. (PLTU Kemiri/dens / tangerangnews/dens)


 
TANGERANGNEWS-Pembangunan mega proyek PLTU Banten 3 di Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang terus di kebut. Krisis listrik yang terjadi saat ini serta adanya keterlambatan pasca aksi kerusahan warga pada pertengahan tahun 2008 lalu, menjadi dasar PT PLN untuk mempercepat pembangunan.

                Bentuk percepatan pembangunan mega proyek itu ditandai dengan dimulainya speed program, penambahan peralatan dan tenaga kerja yang ada, baik asing maupun lokal. Ditargetkan, keseluruhan pembangunan, mulai dari pembangkit listrik unit 1, 2 dan 3 akan rampung dan dapat beroperasi pada pertengahan Tahun 2011 mendatang.

                Demikian dikatakan Rusdy Johan, Project Coordinator PLTU Banten 3 Lontar, sore ini. Menurutnya, aksi anarkis warga yang terjadi pada pertengahan tahun lalu mengakibatkan pembangunan mega proyek senilai Rp2 triliun lebih ditambah 588.789.989 U$D itu menjadi terlambat hingga 6 bulan.

                “Hingga kini, total pengerjaan proyek, mulai dari kontruksi dan non kontruksi sudah mencapai 56 %. Merujuk target, seharusnya mega proyek itu sudah rampung pada pertengahan 2010 mendatang. Asumsinya adalah, pembangkit listrik unit 1 dijadwalkan rampung pada April 2010, unit 2 Juni 2010 dan unit 3 Agustus 2010. Namun akibat kerusuhan yang terjadi, jadwal penyelesaian proyek menjadi mundur antara 6 hingga 8 bulan,” kata Rusdy.

                Dalam kesempatan itu, Construction Supervision Team Leader PLTU Banten 3 Edy Ispranyoto didampingi Site Coordinator PLTU Banten 3, Jose Velasco menyatakan mega proyek PLTU Banten 3 berdiri diatas lahan kurang dari 22 hektar milik PT PLN dan Perhutani itu dikerjakan oleh kontraktor Konsorsium Dongfang Electric Coorporation dan PT Dalle Energy.

                “Mega proyek ini memiliki kapasitas tenaga listrik 3 x 315 MW. Sedangkan operasionalnya menggunakan batu bara kalori rendah. Dalam setahun, diperkirakan operasional PLTU Banten 3 akan membutuhkan hingga 4.273 juta ton batu bara,” katanya.

               Edy Ispranyoto mengatakan, produksi listrik yang dihasilkan PLTU Banten 3 nantinya akan langsung dihubungkan dengan jaringan listrik Jawa-Bali melalui dua gardu, masing-masing gardu (G1) Teluk Naga dan gardu (G1) New Tangerang.(roedy pg/dira)
BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill