Connect With Us

Turap di Mekar Baru Tangerang Dibangun Tuk Selamatkan Ratusan Hektare Sawah

Faisal Fazri | Rabu, 30 Juni 2021 | 22:10

Pembangunan pelebaran turap dan normalisasi sungai sepanjang hampir 2,5 km di Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Kecamatan Mekar Baru, Rabu 30 Juni 2021. (@TangerangNews / Faisal Fazri)

TANGERANGNEWS.com –Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kabupaten Tangerang lakukan pembangunan pelebaran turap dan normalisasi sungai sepanjang hampir 2,5 km di Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Kecamatan Mekar Baru.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air, Dedi Sukardi menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan wujud Pemerintah Daerah mendengar dan merealisasikan dalam bentuk pembangunan nyata, Rabu 30 Juni 2021.

“Pembangunan puluhan saluran irigasi bagi areal lahan teknis pertanian ini merupakan implementasi dari apa yang menjadi pemikiran pak Bupati dalam program pembangunan menyeluruh diberbagai bidang menuju Tangerang Gemilang,” ujarnya.

Ketua RT 11, Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Mardias menuturkan, sejak dahulu masyarakat mengimpikan memiliki saluran sungai irigasi yang lebar dan kokoh.

“Pada saat musim hujan, sawah kami menjadi lautan dan banyak tanaman padi warga yang gagal panen, sejak saya kecil. Baru ini ada pembangunan pelebaran sungai dan normalisasi aliran irigasi sawah kami,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijeruk, Syamhadi mengatakan, dengan adanya pembangunan turap dan normalisasi sungai irigasi tersebut, areal persawahan warga yang seringkali terkena banjir besar saat musim hujan dapat terselamatkan.

“Awalnya hanya sungai kecil selebar 1 – 2 meter, sekarang sudah dilebarkan menjadi 4 meter berupa turap sepanjang kurang lebih 500 meter dan normalisasi sungai sepanjang 2 km" Jelasnya.

"Kini ratusan hektare areal sawah warga bisa terselamatkan, karena sebagian besar warga kami merupakan petani padi yang dalam setahun bisa melakukan dua kali waktu tanam,” pungkasnya. (RED/RAC)

WISATA
Mercure Hotel Tangerang Tawarkan Promo Buka Puasa, Beli 5 dapat 6

Mercure Hotel Tangerang Tawarkan Promo Buka Puasa, Beli 5 dapat 6

Sabtu, 24 Februari 2024 | 14:21

Hotel di Kota Tangerang sudah bersiap menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Salah satunya, Mercure Hotel Tangerang Centre yang telah menyiapkan promo Median Delight’s.

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

PROPERTI
Diikuti 31 Developer, BCA Targetkan Penyaluran KPR Rp23 Triliun di Expoversary 2024 ICE BSD

Diikuti 31 Developer, BCA Targetkan Penyaluran KPR Rp23 Triliun di Expoversary 2024 ICE BSD

Jumat, 1 Maret 2024 | 07:00

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menargetkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar Rp23 triliun dalam event Expoversary 2024 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang.

MANCANEGARA
Anggota Angkatan Udara Tentara Amerika Tewas Usai Bakar Diri, Teriakkan 'Free Palestine'

Anggota Angkatan Udara Tentara Amerika Tewas Usai Bakar Diri, Teriakkan 'Free Palestine'

Selasa, 27 Februari 2024 | 09:27

Aaron Bushnell, 25, seorang anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dilaporkan tewas usai membakar dirinya sendiri di depan kedutaan Israel di Washington DC, Amerika Serikat, Minggu, 25 Februari 2024, 13.00 waktu setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill