Connect With Us

Pemkab Tangerang Beri Tes PCR Gratis bagi Calon Jamaah Haji

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 29 Mei 2022 | 18:17

Ilustrasi Tes PCR. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyediakan jasa tes PCR Covid-19 gratis bagi calon jamaah haji.

Penyediaan layanan tersebut merupakan amanat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran No 0202/1/501/2022 tentang Pemeriksaan PCR Bagi Jemaah Haji Tahun 2022.

"Dalam surat itu, berbunyi kepala dinas kesehatan provinsi akan menetapkan faskes (fasilitas kesehatan) untuk melakukan PCR gratis bagi pemberangkatan calon Jemaah haji,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho, Minggu 29 Mei 2022.

Menurutnya, kuota tes PCR gratis ini diperuntukkan bagi 1.000 orang, di mana saat ini sudah digunakan terhadap 800 orang. Semua biaya tersebut gratis untuk jamaah haji. Pembiayaan nantinya diklaim ke pusat dari masing-masing daerah.

Adapun untuk lokasi dan fasilitas dilakukannya tes PCR sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat, dengan surat nomor 821/0060/ kesehatan P2P/5/2022.

“Di sini telah ditunjuk nama faskesnya untuk Kabupaten Tangerang sendiri menunjuk laboratorium pemeriksaan Labkesda Kabupaten Tangerang,” ujar dr Sumihar.

Dia juga menjelaskan, pemberian pelayanan kesehatan tersebut akan dilakukan pada H-10 hingga H-14 sebelum jadwal keberangkatan para calon jamaah haji ke tanah suci. Sementara untuk peralatannya, difasilitasi juga oleh Dinkes Provinsi Banten.

Selain memberikan layanan tes PCR, Dinkes juga akan memberikan layanan vaksinasi COVID-19 yang akan diberikan bagi warga atau jamaah haji belum divaksin.

“Karena vaksinasi COVID-19 ini menjadi syarat juga untuk pemberangkatan haji, maka kita akan adakan layanan vaksin secara gratis,” kata dr Sumihar.

NASIONAL
Makin Ketat, ETLE Bakal Dilengkapi Sensor Wajah

Makin Ketat, ETLE Bakal Dilengkapi Sensor Wajah

Kamis, 13 Juni 2024 | 11:26

Korlantas Polri mengumumkan sistem terbaru untuk tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), yang akan dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah.

TANGSEL
Apakah Skoliosis pada Ibu Hamil Berbahaya? Ini Faktanya

Apakah Skoliosis pada Ibu Hamil Berbahaya? Ini Faktanya

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:33

Skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping. Biasanya berbentuk huruf C atau S.

HIBURAN
Terlihat Adem Ayem, Ruben Onsu Putuskan Gugat Cerai Sarwendah 

Terlihat Adem Ayem, Ruben Onsu Putuskan Gugat Cerai Sarwendah 

Kamis, 13 Juni 2024 | 11:07

Rumah tangga presenter kondang Ruben Onsu berujung perceraian. Gugatan terhadap Sarwendah, istri Ruben, telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

KOTA TANGERANG
Pemkot Tangerang Sidak Kelaikan Tabung Elpiji 3 Kg di SPPBE

Pemkot Tangerang Sidak Kelaikan Tabung Elpiji 3 Kg di SPPBE

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:38

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) menggelar inspeksi mendadak (sidak) gas elpiji 3 kg, Rabu 12 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill