Connect With Us

Ubah Perilaku Dolbon, Pemkab Tangerang Bagikan Jamban Sehat

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 14 Desember 2022 | 12:56

Ilustrasi Buang Air Besar (BAB). (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Buang Air Besar Sembarangan (BABS) merupakan permasalahan lingkungan yang telah menjadi kebiasaan masyarakat khususnya wilayah Banten.

Perilaku ini masih ditemukan di kawasan Serang, di mana warga lebih suka membuang fases ke kantong plastik atau BABS di kebun, dikenal dengan istilah dolbon. 

Padahal, perilaku BABS bisa menyebabkan kejadian fatal pada kesehatan. Salah satu penyakit yang rentan terjadi akibat buang air besar sembarangan adalah diare.

Melihat fenomena yang banyak terjadi di wilayah Banten tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berupaya menekan kebiasaan buruk buang air besar sembarangan, dengan mengembangkan pembuatan jamban sehat untuk warga sekitar.  

Kepala Puskesmas Cikuya Zairin Rambe mengatakan, pelaksanaan pengerjaan jamban ini dilakukan melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM) atau KWS yang ada di Kecamatan Solear. 

"Sebanyak 42 KK di Desa Cikareo telah menerima manfaat pembuatan jamban sehat ini," kata Zairin, katanya seperti dikutip dari idntimes.com, Rabu 14 Desember 2022.

Menurut Zairin, Hal ini menjadi salah satu program terobosan dari Dinas Kesehatan bersama Dinas Pemukiman Penduduk (Perkim) Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Puskesmas Cikuya, Kecamatan Solear.  

Adapun tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya penyakit berbasis lingkungan kurang bersih dan menghapus kebiasaan dolbon.

"Semoga dengan adanya jamban sehat di rumah-rumah, masyarakat bisa merubah prilakunya untuk BAB di jamban yang telah disiapkan, sehingga wilayah desa ini bisa masuk dalam kategori Desa ODF," pungkasnya.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Minggu, 28 April 2024 | 12:45

Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill