Connect With Us

Pelajar SMP Islam Al-Azhar 41 Summarecon Tangerang Raih Penghargaan di Asian Student Exchange Program 2022

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:02

Pelajar delegasi SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon Serpong Tangerang yang meraih penghargaan di lomba kolaborasi proyek Asian Student Exchange Program (ASEP 2022). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pelajar delegasi SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon Serpong Tangerang berhasil meraih penghargaan setelah memenangkan lomba kolaborasi proyek Asian Student Exchange Program (ASEP 2022), yang dilaksanakan oleh Kaohsiung Education Bureau, Taiwan.

Dalam ajang ASEP 2022, dipilih tiga kriteria pemenang yakni adalah Platinum, Gold, dan Honourable Mention. Sementara SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon sendiri, berhasil mendapatkan kategori pemenang The Honourable Mention.

Diketahui peserta yang mengikuti perlombaan ini berasal dari berbagai negara diantaranya sekolah-sekolah Al Azhar dan Lab School Indonesia, serta beberapa sekolah dari negara Taiwan, Jepang, Vietnam dan India.

Ajang ASEP merupakan konferensi internasional rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Biro Pendidikan Taiwan.

Biasanya delegasi murid perwakilan sekolah akan mengikuti kegiatan secara langsung di negara yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, yaitu di kota Kaohsiung, Taiwan, serta mengikuti kegiatan homestay dengan sister school.

Namun pada tahun 2022, event diselenggarakan secara online dengan mengusung tema besar “The Balance and Conflict Between Economical Development and Environmental Sustainability”.

Adapun tema yang diambil oleh SMP Islam Al Azhar 41 dalam lomba ini adalah “Garden if Hope: Utilization of Unused Land For Herbal Farming and Implementation of 3R's”.

Hal ini mengenai penanaman lahan tidak terpakai di area sekolah dengan tanaman herbal seperti sirih, sereh, hingga bunga telang.

Tanaman-tanaman herbal ini kemudian diolah menjadi tanaman obat, yakni tanaman sirih menjadi hand sanitizer, tanaman sereh menjadi lemon grass drink dan bunga telang diolah menjadi teh bunga telang.

Selain itu juga, pembuatan pot bunga dari handuk dan kain perca bekas.

“Program ini sangat bermanfaat bagi sekolah maupun bagi anak-anak, kolaborasi program membuka wawasan secara internasional mengenai budaya bangsa lain dan memberi tantangan untuk dapat berkiprah di dalam penyelamatan lingkungan,” kata Agus Santosa, Kepala SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon Serpong Tangerang melalui siaran pers, Sabtu 14 Januari 2023. 

Rangkaian perlombaan diawali dengan pembuatan video kolaborasi proyek berdurasi 8 menit dengan partner sekolah Taiwan (Wun-Fu JHS Taiwan), tentang lingkungan dan SDG's yang kemudian dikirim pada tanggal 15 Desember 2022.

Selanjutnya mengikuti kegiatan Q & A presentasi pada tanggal 27 Desember 2022, yang dilakukan menggunakan Bahasa Inggris dengan 2 menit sesi untuk tanya jawab.

"ASEP merupakan suatu kompetisi yang sangat menantang bagi saya. Bukanlah suatu Hal yang mudah untuk bisa menjadi delegasi, banyak sekali persiapan juga komitmen yang saya bangun untuk kompetisi ini," kata Ayska Raddiya Fachri dari kelas 8B, sebagai ketua delegasi tim ASEP SMP Al-Azhar 41 Summarecon Serpong Tangerang.

Namun ia mengaku belajar banyak sekali hal di kompetisi tersebut, mulai dari bagaimana caranya membuat presentasi yang menarik, mengobservasi dan menganalisa sesuatu, time management, public speaking sampai bagaimana caranya membangun kerja sama yang baik.

"Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi saya terutama untuk bisa diberi kepercayaan sebesar ini dan bisa memiliki tim yang hebat. Terima kasih untuk semua orang yang terlibat dalam ASEP Project. Semoga saya bisa lebih meningkatkan prestasi saya, terutama dalam bidang ini," ujar Ayska,

Sebelumnya, proses persiapan lomba diawali dengan seleksi 35 peserta dari SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon Serpong dan hanya diambil tujuh peserta terpilih yang mewakili sekolah.

Mereka yaitu Ayska Raddiya Fachri 8B, Muhammad Raditya Pramana Siregar 7C, Aisha Luvena Queenadin 8A, Azka Zhafira Yunus 8B, Aqeela Naimaffayza Prabowo 8B, Tarisa Puspanegara Putri Sanaky 7C dan Raden Fatahillah 8B.

Menurut Umi Hidayah, guru pembimbing peserta delegasi SMP Al-Azhar 41 Summarecon Serpong Tangerang, program ini sangat menarik dan menantang, baik dari tema, penggunaan Bahasa Inggris serta berpikir kritis dari suatu topik yang dipilih.

"Anak menjadi lebih self confidence untuk melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris dan bersaing dengan sekolah-sekolah dari Indonesia maupun luar negeri. Program ini juga menjalin ‘sister school’ dan melakukan proyek kolaborasi dengan sekolah luar negeri,” jelasnya.

Siswa-siswi SMP Islam Al Azhar 41 Summarecon Serpong juga diketahui seringkali memperoleh penghargaan di beberapa perlombaan, diantaranya adalah Juara 2 News Anchor Contest di Event Alpen Tech 2022, Juara 1 Singa Cup U-14 di Singapore International Youth Cup 2022, Juara 1 UNJ Open Roller Sport 2022, berbagai kejuaraan di event FLS2N dan masih banyak lagi.

Untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai SMP Islam Al-Azhar 41 Summarecon Serpong dapat mengunjungi akun Instagram @alazharsummareconserpong.

BANTEN
PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

Kamis, 20 Juni 2024 | 11:30

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten 2024 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah resmi dimulai sejak Rabu, 19 Juni 2024.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

TANGSEL
Pemuda di Pondok Aren Tangsel Dikeroyok Gegara Kencing di Lahan Warga

Pemuda di Pondok Aren Tangsel Dikeroyok Gegara Kencing di Lahan Warga

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:52

Seorang pemuda berinisial Roni, 25, babak belur setelah dikeroyok sejumlah orang di Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Jurangmangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill