Connect With Us

Waspada Banjir Rob Akibat New Moon, Ribuan Rumah di Pesisir Utara Tangerang Bakal Terendam

Dimas Wisnu Saputra | Jumat, 20 Januari 2023 | 20:53

Rumah warga terdampak banjir di Kabupaten Tangerang, Rabu 4 Januari 2023. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang tengah mewaspadai akan terjadinya bencana banjir rob, yang berpotensi merendam ribuan rumah di wilayah pesisir Utara.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujar Sudrajat mengatakan seiring fenomena fase bulan baru, di daerah Utara Kabupaten Tangerang dapat berpotensi banjir rob.

"BMKG merilis pada tanggal 18 Januari 2023 masuk fenomena new moon (fase bulan baru), dengan potensi mengakibatkan banjir Rob yang bisa merendam ribuan rumah warga di wilayah pesisir," ucapnya kepada Tangerangnews.com, Jumat 20 Januari 2023.

Ujat menyebut, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jika fenomena new moon ini diprediksi akan mengakibatkan pasang surut air laut dengan banjir rob.

Selain itu, juga akan akan mengakibatkan hujan deras hingga diiringi petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Salah satunya termasuk pesisir utara mencakupi Kecamatan Kosambi, Dadap, Salembara, Pakuhaji dan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Kendati demikian, pihaknya pun mengimbau masyarakat di wilayah pesisir itu agar mewaspadai dampak dari potensi bencana akibat fenomena tersebut. 

"Kami imbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan selalu memantau informasi dari BMKG. Bisa juga komunikasi dengan BPBD dengan call center 112, jadi imbauan kami tetap harus waspada, siaga," kata Ujat.

Selain menyebabkan banjir, beberapa aktivitas pun ikut dapat terdampak seperti nelayan, bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta tambak garam dan perikanan darat. 

"Tempat pelelangan ikan dan yang paling terdampak nelayan, dan jangan sampai kejadian seperti terdahulu sampai perahu tenggelam di perairan Kepulauan Seribu," ungkap Ujat.

Fase fenomena alam atau masa bulan baru itu, bakal terjadi dari tanggal 18 sampai 25 Januari 2023. 

"Puncaknya Pantai Utara Jawa, tanggal 18 sampai 24 Januari 2023. Kalau untuk Banten secara keseluruhan hingga tanggal 25 Januari," tuturnya. 

Dalam upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kebencanaan tersebut, maka pihaknya akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, untuk terus melakukan pemantauan situasi di masing-masing wilayahnya. 

"Komunikasi dengan para camat di pantura, dan mereka sudah melakukan normalisasi di kali-kali saluran ke muara dengan, meminta bantuan ke pengembang agar meminimalisir terjadinya bencana," pungkasnya.

WISATA
Bisa Staycation di Kota Tangerang, Ini 4 Rekomendasi Hotelnya

Bisa Staycation di Kota Tangerang, Ini 4 Rekomendasi Hotelnya

Sabtu, 22 Juni 2024 | 15:02

Memasuki liburan sekolah biasanya kerap dimanfaatkan untuk berwisata ke luar kota, namun banyak juga yang justru tetap memilih menghabiskan waktu di Kota Tangerang.

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

TANGSEL
 Ada 420 Bangunan Tinggi di Tangsel, Pengelola Diminta Siapkan Mitigasi Kebakaran

Ada 420 Bangunan Tinggi di Tangsel, Pengelola Diminta Siapkan Mitigasi Kebakaran

Selasa, 25 Juni 2024 | 14:16

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyoroti pentingnya pihak pengelola maupun manajemen gedung tinggi untuk menyiapkan mitigasi bencana kebakaran, seperti memenuhi standardisasi dan tertib administrasi gedung.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill