Connect With Us

Pemkab Tangerang Bakal Bangun Dermaga untuk Kapal Neon Moon II

Fahrul Dwi Putra | Senin, 4 Desember 2023 | 15:58

Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay beroperasi di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Kapal penyedot sampah jenis interceptor bernama Neon Moon II pemberian dari bans asal Inggris Coldplay bakal dilengkapi sarana dan prasarana.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi.

"Kami sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, juga melatih petugas untuk pengoperasian kapal," kata Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Senin, 04 Desember 2023.

Fachrul menuturkan, dukungan operasional ini bertujuan untuk menyiapkan kapal Neon Moon II agar dapat beroperasi secara penuh pada Januari 2024 mendatang.

Adapun fasilitas yang tengah dibangun salah satunya ialah dermaga hanggar sebagai lokasi pemilahan dan pengolahan sampah, kantor sekretariat, dan pos satpam.

Nantinya, sampah dari Sungai Cisadane diangkut menggunakan kapal berkapasitas enam ton tersebut, kemudian dibawa ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali.

Setelah itu, sampah organik akan dipisahkan dan diolah dengan maggot yang sebelumnya dicacah. Lalu, pengolahan sampah tersebut akan menghasilkan kompos dan maggot berguna menjadi pakan ikan. 

"Sedangkan untuk sampah anorganik akan dipisahkan," tambahnya.

Lebih lanjut, Fachrul menyebut sampah yang masih memiliki nilai akan dijual ke KSM untuk tambahan biaya operasional kapal, sementara sampah bernilai rendah atau low value kembali diolah menjadi barang bermanfaat.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang juga melatih 12 orang sebagai sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola dan merawat kapal.

"Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh," tukasnya. 

Sebelumnya, band Coldplay melalui organisasi lingkungan The Ocean Cleanup memberikan hibah bantuan Kapal Neon Moon II untuk membersihkan sampah-sampah plastik di Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang agar tidak sampai ke lautan.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill