Connect With Us

Pemkab Tangerang Bakal Bangun Dermaga untuk Kapal Neon Moon II

Fahrul Dwi Putra | Senin, 4 Desember 2023 | 15:58

Kapal Neon Moon II bantuan dari band Coldplay beroperasi di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin, 27 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Kapal penyedot sampah jenis interceptor bernama Neon Moon II pemberian dari bans asal Inggris Coldplay bakal dilengkapi sarana dan prasarana.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi.

"Kami sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, juga melatih petugas untuk pengoperasian kapal," kata Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Senin, 04 Desember 2023.

Fachrul menuturkan, dukungan operasional ini bertujuan untuk menyiapkan kapal Neon Moon II agar dapat beroperasi secara penuh pada Januari 2024 mendatang.

Adapun fasilitas yang tengah dibangun salah satunya ialah dermaga hanggar sebagai lokasi pemilahan dan pengolahan sampah, kantor sekretariat, dan pos satpam.

Nantinya, sampah dari Sungai Cisadane diangkut menggunakan kapal berkapasitas enam ton tersebut, kemudian dibawa ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali.

Setelah itu, sampah organik akan dipisahkan dan diolah dengan maggot yang sebelumnya dicacah. Lalu, pengolahan sampah tersebut akan menghasilkan kompos dan maggot berguna menjadi pakan ikan. 

"Sedangkan untuk sampah anorganik akan dipisahkan," tambahnya.

Lebih lanjut, Fachrul menyebut sampah yang masih memiliki nilai akan dijual ke KSM untuk tambahan biaya operasional kapal, sementara sampah bernilai rendah atau low value kembali diolah menjadi barang bermanfaat.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang juga melatih 12 orang sebagai sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola dan merawat kapal.

"Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh," tukasnya. 

Sebelumnya, band Coldplay melalui organisasi lingkungan The Ocean Cleanup memberikan hibah bantuan Kapal Neon Moon II untuk membersihkan sampah-sampah plastik di Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang agar tidak sampai ke lautan.

MANCANEGARA
Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Wuih, SIM Indonesia Bakal Berlaku di Negara-negara ASEAN

Senin, 24 Juni 2024 | 09:33

Surat Izin Mengemudi (SIM) akan segera berlaku di negara-negara ASEAN pada Juni 2025 mendatang.

HIBURAN
Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Serunya Bermain Salju Bersama Tayo the Little Bus di Mal Ciputra Tangerang

Senin, 24 Juni 2024 | 18:06

Mal Ciputra Tangerang kembali menghadirkan event untuk mengisi liburan sekolah yakni Snow Fantasy With Tayo The Little Bus, yang berlangsung dari tanggal 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

SPORT
Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Tumbangkan Bandung BJB Tandamata 3-2, Jakarta Electric Lolos 4 Besar PLN Mobile Proliga 2024

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:03

Jakarta Electric PLN kembali berhasil mengalahkan juara bertahan Bandung BJB Tandamata dengan skor 3-2 dalam lanjutan putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di Gedung Olahraga Ken Arok, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

OPINI
Pembuktian Profesionalitas KPK pada Kasus Korupsi Lucas Enembe

Pembuktian Profesionalitas KPK pada Kasus Korupsi Lucas Enembe

Selasa, 25 Juni 2024 | 16:29

Terkait dengan telah berpulangnya Lukas Enembe (LE) maka kasus penuntasan perkara korupsi LE telah memasuki babak akhir. Pada akhir babak ini sekaligus menjadi ujian yang besar bagi KPK.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill