Connect With Us

45 Pengungsi Etnis Rohingya Tertangkap di Perairan Tangerang

| Jumat, 22 Maret 2013 | 18:35

TANGERANG-Sebanyak 45 pengungsi Rohingya Miyanmar ditangkap petugas TNI Angkatan Laut dan Polsek Mauk karena tidak memiliki dokumen resmi saat berada di perairan Pantai Utara, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/3). Mereka berencana menuju ke Australia untuk mencari suaka.

Kapolsek Mauk AKP Suhendar mengatakan, 45 pengungsi Rohingya ini diamankan bersama dua warga negara Afganistan, mereka menumpangi satu kapal saat berada di atas Pulau Laki, perairan Pantai Utara, Kabupaten Tangerang.

"Total pengungsi yang diamankan berjumlah 47 orang. Terdiri dari tiga wanita, empat anak kecil dan 40 laki-laki. Mereka tidak dilengkapi dokumen resmi saat masuk ke Indonesia. Tapi mereka punya surat dari UNHRC, organisasi PBB yang mengurusi pengungsi di seluruh dunia," katanya.

Mencari Senyum Rohingya di Tengah Panas Kuala Langsa

Menghalau Kelamnya Masa Depan Rohingya

Namun pihaknya belum memastikan apakah ke 45 pengungsi itu merupakan etnis muslim Rohingya atau bukan karena kendala bahasa. "Mereka menggunakan bahasa Myanmar dan Afganistan. Kita kesulitan memintai keterangan," ujar Suhendar.

Suhendar mengakui bahwa wilayah perairan Utara Tangerang dan Kepulauan Seribu kerap menjadi titik pemberangkatan Imigran gelap yang hendak mencari suaka ke Pulau Chrismast, Australia.

"Seluruh pengungsi ini akan diserahkan ke Kabtor Imigrasi Tangerang untuk pendataan lebih lanjut ," ujarnya.

Sementara menurut keterangan salah satu pengusngi Rohingya, M Zunaidi, dirinya terpaksa kabur dari Myanmar karena muslim Rohingya tidak diterima oleh etnis mayoritas Myanmar yang beragama Budha.(RAZ)

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill