Connect With Us

Layanan Motor Keliling Mudahkan Warga Kota Tangerang Urus Administrasi

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 29 Januari 2016 | 20:53

Ilustrasi proyek e-KTP (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, Pemerintah Kota Tangerang dalam waktu dekat akan meluncurkan pelayanan motor keliling di setiap kelurahan yang ada di Kota Tangerang.

"Bentuk pelayanan konsepnya delivery service. Kita (petugas) yang jemput bola, masyarakat tidak perlu bolak balik ke kecamatan ataupun kelurahan,"  ujar Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah di Tangerang Live Room, Jumat (29/01/2016).

Arief berharap dengan diluncurkannya pelayanan motor keliling, masyarakat dapat lebih terlayani secara optimal dan tidak akan lagi bertumpuk di kantor pelayanan seperti kecamatan dan juga Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Kasihan warga harus antri dan bertumpuk di dukcapil, kalau bisa kita sambangi kenapa nggak kita lakuin," tegas Arief.

Adapun pelayanan yang akan diberikan  motor keliling ini dijelaskan oleh kepala Seksi Jaringan dan Komunikasi Data, Mochammad Muflih Sutisna, di antaranya pembuatan akte kelahiran, surat kematian, berbagai macam surat pengantar (kelurahan), dan juga verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK).

"Ke depannya kita akan kembangkan lagi, jadi nanti pelayanan ini juga mengurusi surat kawin, cerai, dan juga keterangan pindah." Jelas Muflih.

Muflih menjelaskan saat ini pihaknya tengah menyiapkan motor yang akan digunakan oleh petugasnya nanti, sebelumnya dukcapil juga akan memberikan pelatihan bagi para calon petugas di kelurahan.

"Petugasnya kita latih dulu, karena yang gunakan aplikasinya nanti mereka," Imbuh Muflih.

Selain pelayanan motor keliling, pada saat yang bersamaan Pemerintah Kota juga tengah menyiapkan sistem aplikasi identifikasi perusahaan yang akan dikembangkan oleh Badan Lingkungan Hidup.

Kepala Badan Lingkungan Hidup, Dr. Liza Puspadewi menyampaikan dengan aplikasi ini nantinya perusahaan dapat langsung menginput laporan pertanggungjawaban perusahaannya secara on line, sehingga perusahaan tidak perlu bersusah payah membawa banyak berkas hanya untuk menyampaikan laporan ke BLH.

Selain itu, BLH juga dapat dengan mudah melakukan pengawasan.

"Mereka wajib memberikan laporan enam bulan sekali, kalau on line, kita juga mudah melakukan pengawasannya," ujar Liza.

 

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

SPORT
Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Begini Strategi Jakarta Electric Sabet Kemenangan di PLN Mobile Proliga 2024

Kamis, 2 Mei 2024 | 15:24

Jakarta Electric PLN optimistis dapat meraih kemenangan pada pekan kedua putaran pertama PLN Mobile Proliga 2024, yang akan digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jatidiri, Semarang.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill