Connect With Us

KOPERASI AKAN MENYEBAR HINGGA TINGKAT KELURAHAN

Advertorial | Jumat, 20 April 2018 | 16:00

Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi para pengelola koperasi se-Kota Tangerang di Ruang Akhlakul Karimah, Puspemkot Tangerang, Jumat (20/4/2018). (@TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)


Dalam rangka merangsang pertumbuhan koperasi di Kota Tangerang, pemerintah setempat juga tengah menjalani proses untuk membentuk koperasi di seluruh kelurahan yang ada di Kota Tangerang.

Terhitung bahwa Kota Tangerang memiliki 13 kecamatan dan 104 kelurahan yang ada.

Dari 104 kelurahan tersebut, pada tahun 2017 kemarin, diantaranya sebanyak 50 koperasi sudah terbentuk.

Dan kini, pada tahun 2018, Dinas Koperasi menargetkan bahwa, sisanya, sebanyak 54 kelurahan tengah digarapnya yang akan segera membentuk koperasi.

Pemerintah juga telah memasuki tahap penyuluhan terkait pembentukan koperasi itu.

Untuk segera membangun koperasi, masyarakat pun hanya perlu membentuk susunan pengurus anggotanya dan permodalan saja. Sedangkan pembuatan akte pendiriannya, akan dibiayai oleh APBD Dinas Koperasi.

Syarifudin pun percaya diri bahwa 104 kelurahan di Kota Tangerang ini seluruhnya akan memiliki koperasi dalam tahun 2018 ini.

Syarifudin mengatakan, untuk yang menjadi anggota koperasi pada tingkat kelurahan ini adalah seorang kader PKK atau Posyandu.

Karena menurutnya, masyarakat yang ada di kelurahan itu lebih intens berhubungan dengan kader PKK maupun posyandu sehingga dirinya mengharapkan para anggota bisa betul-betul memahami keadaan ekonomi masyarakat di lingkungannya.

Selain bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, koperasi di tingkat kelurahan ini juga bertujuan untuk membatasi pergerakan bank keliling atau yang kerap disebut sebagai rentenir.

"Masyarakat kecil, pemilik UKM rata-rata yang memang belum dapat bantuan tunai atau pinjaman bank resmi itu banyak lagi dari bank keliling," ujarnya.

Sehingga dengan adanya koperasi di tingkat kelurahan, bisa menekan kehadiran bank keliling yang bisa mencekik masyarakat melalui pinjamannya dari koperasi dengan syarat jadi anggota.

"Jadi antisipasi dengan membentuk koperasi, agar masyarakat menjadi anggota dan bisa melakukan aktivitas usaha serta simpan pinjam yang ada di koperasi itu," paparnya. (ADV)

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill